23 Juli 2012

Diknas P.Sidimpuan: Jadikan pesantren kilat sebagai pendidikan Karakter



 

Sekretaris Kantor Diknas P.Sidimpuan Drs.Masuddin Lubis, (tengah)  bersama DR.Alipada Hrp, Asisten II Pemko P.Sidimpuan dan Pengurus PGRI P.Sidimpuan :Poto Anas STT Bloger



P.Sidimpuan STT Blog
Kementerian Pendidikan Nasional Kota Padangsidimpuan menghimbau seluruh sekolah mulai tingkat dasar hingga menengah atas untuk mengadakan pesantren kilat selama Bulan Ramadan. Melaksanakan kegiatan pesantren kilat Ramadan merupakan bagian dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) yaitu, pembentukan karakter siswa. Demikian di sampaikan Drs.Masuddin Lubis, Sekretaris Kantor Kementerian Pendidikan Nasional (Diknas) P.Sidimpuan (23/7)  tentang pelaksanaan Pesantren Kilat. ” Kita harapkan selama bulan puasa disamping tetap melakukan pembelajaran, tapi bagian pembentukan karakter menjadi salah satu hal yang diutamakan, mengenai metode dan waktu pelaksanaannya kita serahkan kepada sekolah masing-masing.” ujar Masuddin.

Pendidikan agama merupakan salah satu komponen penting dalam merealisasikan tujuan pendidikan tersebut. Berkaitan dengan itu momen bulan Ramadhan ini sangat baik bagi para siswa untuk memperbanyak ibadah-ibadah lainnya (selain ibadah puasa), sekaligus untuk mempraktekkan materi-materi ibadah yang telah diajarkan dalam pelajaran agama di sekolah. Selain itu untuk menselaraskan kondisi peserta atau anak didik, disini pihak sekolah harus cerdas menata kegiatan sehingga tidak menimbulkan kejenuhan selama acara berlangsung.

Lebih jauh di katakan Masuddin ” pihak sekolah atau panitia harus piawai dan kreatif dalam menyusun agenda kegiatan, sehingga suasana bisa hidup dan memacu ide ide kreatif dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Pada akhirnya tujuan dari pesantren kilat ramadhan adalah untuk mengembangkan kecerdasan spiritual pada siswa dengan didampingi oleh guru pembimbing (mentor). Harapannya agar para remaja dapat menjadi muslimin dan muslimat yang bertaqwa kepada Allah SWT.” ucapnya mengakhiri.

Yenni Mulyani, saat bersama Novi Efrianti dan Ummu Habibah pelajar SMP Negeri 9 P.Sidimpuan ketika di mintai tanggapannya mengenai hal ini mengatakan “Manfaat lainnya mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusu’ juga memperoleh banyak pengalaman berharga misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan,” ungkapnya. (Anas)

 
Berita ini dapat juga di baca pada Harian ORBIT, SUARA SUMUT dan Mingguan SUARA MASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar