25 November 2015

HKN di P.Sidimpuan canangkan Pola Hidup Bersih dan Sehat


Sekretaris Dinkes, Dirut RSU, Kadis Sosial dan Tenaga Kerja,Kakan Kesbang, Kadispora dan sejumlah Pimpinan SKPD Kota P.Sidimpuan Manortor bersama dalam rangka Syukuran Peringatan HKN ke 51 di Halamat Kantor Dinkes pada Kamis (12/11) Poto : Anas

P.Sidimpuan, STT Blog
Puncak peringatan hari kesehatan nasional (HKN) Kota P.Sidimpuan dilaksanakan di  halaman Kantor Dinas Kesehatan  Kota P.Sidimpuan. Sebelumnya telah dilaksanakan upacara di Stadion HM.Nurdin Nasution yang di ikuti jajaran SKPD,TNI, Polri,  Mahasiswa/i Akademi Kebidanan Akademi Perawat dan SMK Kesehatan. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Walikota P.Sidimpuan Andar Amin HarahapKamis (12/11).
Tema peringatan HKN ke-51 adalah, “Indonesia Cinta Sehat Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri. Melalui tema ini Salah satu primadona program kesehatan adalah Program Nusantara Sehat dengan menitik beratkan jangkauan pelayanan kesehatan dari pinggir ketengah yaitu peningkatan akses kesehatan di daerah DTPK.Pada peringatan HKN tahun ini Pemerintah berharap ini dijadikan momentum untuk menyampaikan kepada masyarakat agar merubah cara pandang dan meninggalkan cara menjaga kesehatan melalui kuratif menuju semangat preventif dan promotif tentu saja dengan membiasakan polah hidup bersih dan sehat (PHBS) dan hal ini harus di terapkan khususnya masyarakat Kota P.Sidimpuan, demikian inti dari pidato yang dibacakan inspektur upacara HKN 51 Kota P.Sidimpuan.
Sebagaimana ditegaskan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota P.Sidimpuan , dr.Letnan Dalimunthe yang di jumpai disela sela acara syukuran mengatakan,” peringatan HKN tahun ini menjadi momen yang lebih istimewa karena mitra potensial sektor swasta/dunia usaha dan organisasi kemasyarakatan, proaktif untuk mengambil bagian dalam menggelar penyelenggaraan upaya kesehatan yang bersifat promotif, preventif maupun kuratif sebagai pertanggunggjawaban sosial dalam pembangunan kesehatan”.
Lebih lanjut Letnan Dalimunthe  menyampaikan, kalau hari ini adalah puncak kegiatan HKN Kota P.Sidimpuan namun jauh hari sebelumnya kita telah  mempersiapkan dan melaksanakan  berbagai kegiatan dalam rangka menyambut peringatan HKN ini. Kegiatan tersebut antara lain: kita telah Sosialisasikan program untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat, yang kita tanamkan sejak dini kepada anak-anak khusunya tingkat sekolah dasar dan untuk membangkitkan kreatifitas kita semua. Untuk pelajar tingkat SLTP/SLTA intinya juga terjadinya perilaku hidup bersih dan sehat serta upaya  memberikan pengetahuan yang benar dan komprehensif tentang HIV-AIDS.  Kegiatan lainnya telah dilaksanakan berbagai lomba di jajaran Dinas Kesehatan dan sekolah kesehatan berupa lomba bidang olah raga dan seni yang semuanya membina persaudaraan dan kebersamaan. (Anas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar