22 Oktober 2012

P.Sidimpuan Ultah ke 11 dapat kado Banjir Bandang


Banjir bandang kembali Terjang Desa Manegen dan Desa Goti P.Sidimpuan

P.Sidimpuan STT Blog.
Hujan deras yang terjadi pada Minggu Sore (21/10) sore telah menimbulkan banjir di beberap tempat di kota Padangsidimpuan (Psp). Banjir yg paling parah terdapat di Desa Manegen dan Desa Goti Kec Psp Tenggara. Pada sekitar pukul 22.00 Wib air telah menggenangi beberapa rumah warga di dua desa tersebut. Sontak membuat warga menyelamatkan harta bendanya. Selain itu  jalan lintas trans Sumatra yang membelah ke dua desa ini turut tergenang dan tertimbun material lumpur dan pasir serta batang pohon yang terdampar di tengah jalan tesebut. Kondisi ini membuat transportasi  lumpuh total hingga jam 02.00. Sekretaris Desa Manegen Samsuddin Harahap saat di temui wartawan mengatakan “ air yang datang tidak mampu di tampung parit yang ada di desa ini, di mana luapan air tersebut membawa lumpur dan material batu serta batang pohon yang tumpah ke jalan raya. Akibat dari bencana ini untuk sementara data kerugian diantaranya kerusakan rumah warga 39 , terdapat 10 rumah yang rusak parah. Sementara kerusakan yg terjadi pada sawah sekitar ¼ Ha dalam kondisi habis tanam atau  rata rata berumur 1 s/d 2 bulan. Kerugian di perkirakan sekitar Rp.400 Juta dan ini banjir bandang yang kedua tahun ini dimana hal yang sama terjadi pada Jumat 16 Maret yang lalu “ ujarnya.
 
Di jelaskan pada sekitar pukul 23.00 Wib warga kedua desa tersebut secara bergotong royong membantu mengungsikan harta benda warga yang kena banjir lumpur kemudian secara bersama membersihkan batang kayu yang menyangkut di jembatan parit besar dan badan jalan dari berbagai material yang di bawa banjir. Sekitar  pukul 01.00 Wib datang bantuan alat berat yang datang dari Pemko Psp dan menjebol jembatan diatas paret besar tersebut agar material batu dan lumpur serta potongan kayu bisa hanyut . Jalan trans Sumatera baru bisa di lalui sekitar pukul 02.00 Wib, di mana sebelumnya telah terjadi antrian panjang sekitar 2 Km.

Camat Psp Tenggara Bestari Lubis ketika dikonfirmasi STT Blog mengatakan  ” sekitar pukul 22.00 wib kita sudah mendapat kabar tentang banjir ini dan kita langsung berkoordinasi dengan  Pemko Psp bersama unsur Muspida plus, warga ke dua desa ini bersama personil TNI dan Polisi turut membantu masyarakat yang kena musibah, Tim Medis dari Dinas Kesehatan Kota Psp telah membuat posko pelayanan di lokasi. Sejauh ini tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Mengenai bantuan kepada korban kita koordinasikan dengan Pemerintah ” papar Bestari Lubis.

Banjir yang terjadi menjelang ulang tahun Kota Padangsidimpuan yang ke 11 tahun 2012 ini menjadi bahan guarauan di sebahagian masyarakat. Seperti di ketahui Pemko P.Sidimpuan ulang tahun ke 11 pada Senin 22/10, banjir ini merupakan Kado ulang tahun bagi kota yang baru melaksanakan pilkada tersebut.
Beberapa tahun terakhir ini Desa Manegen dan Desa Goti adalah langganan banjir, di duga penyebabnya adalah hutan di atas kedua desa ini telah di rusak. Hutan tersebut menurut kabar yang di dapat masuk pada wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan. (Nas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar