7 Oktober 2012

P.Sidimpuan Badan Ketahanan Pangan


P.Sidimpuan berhasil panen  9,3 ton/ Ha Padi Pola tanam Jajar Legowo 

P.Sidimpuan STT Blog
Walikota P.Sidimpuan yang di wakili Asisten III kesra pemko P.Sidimpuan Drs.Khairul Alamsyah Lubis secara simbolis melakukan panen perdana padi dengan sistim Jajar Legowo 4:1 pada Rabu (2/10) di Desa Purwodadi Kecamatan Psp Batu Nadua P.Sidimpuan. Sistim tanam jajar legowo 4:1 yang di terapkan pada lahan persawahan M.Usman Siregar dari Kelompok Tani Dalihan Natolu ini memakai benih Varitas Invari 13. Mulai di tanam sejak tanggal 20 Juni 2012 yang lalu pada lahan leluas 1,5 Ha. Hasil yang di capai pada panen ini sebanyak 9,3 ton/Ha dengan  rincian rata rata 96 butir per alai dan 23 batang anakan perrumpun. Sebelumnya hasil maksimal yang pernah di dapat pada lahan ini sebanyak 5,5 ton/Ha.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota P.Sidimpuan H.M.Soleh Nasution,Sp  mengatakan bahwa program tanam jajar legowo di Kota P.Sidimpuan telah di terapkan di Desa Gunung Hasahatan, Desa Purwodadi ,Desa Pudun Jae Kec.Batu Nadua, Desa Pijor Koling dan Desa Manunggang Kec.Psp Tenggara.

Disebutkannya “ Pada hari ini kami sangat berbahagia sekali, karena upaya dan kerja keras petani dengan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) telah membuahkan hasil yang baik. Panen yang mencapai 9,3 ton / Ha  ini patut di beri apresiasi dan menjadi motifasi bagi petani dan PPL lainnya.  Sehingga kesejahteraan petani di Kota P.Sidimpuan semakin meningkat “

Lebih jauh di sampaikan H.M.Soleh Nasution,Sp  Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah program Badan Kordinasi Penyuluhan Pertanian Sumatera Utara yang di tempatkan di Kota P.Sidimpuan. Tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kelembagaan serta posisi tawar petani. Ia juga menjelaskan manfaat sistem tanam jajar legowo sangat banyak diantaranya memperbaiki kualitas gabah dengan semakin banyaknya tanaman pinggir, Mengurangi serangan penyakit atau  tingkat serangan hama, Mempermudah dan menghemat dalam perawatan baik itu pemupukan maupun penyemprotan pestisida serta untuk memudahkan tanam ulang setelah selesai masa panen . Lebih dari pada itu meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan petani.

Asisten III Pemko P.Sidimpuan Drs.Khairul Alamsyah Lubis yang mewakili Walikota Drs Zulkarnain Nasution dalam sambutannya mengatakan “ Pemerintah Pemko Psp mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Ketahan Pangan dan seluruh PPLnya atas keberhasilan yang di capai saat ini. Panen perdana dengan hasil diatas 9 ton/Ha merupakan suatu keberhasilan yang patut di beri penghargaan bagi petani di kota ini. Dengan menerapkan tekhnologi pertanian  akan memberikan manfaat yang besar bagi petani, untuk itu diharapkan kepada seluruh PPL dapat mendorong petani untuk meningkatkan hasil pertaniannya. Peran PPL sangat besar dalam mendampingi serta menjadi fasilitator bagi pemangku kepentingan antara petani, pemerintah dan penyedia kebutuhan pertanian seperti pupuk dan alat pertanian lainnya. Atas nama Pemerintah Kota P.Sidimpuan di ucapkan penghargaan yang setinggi tingginya kepada PPL yang bertugas tanpa memandang waktu dan tempat” paparnya.

Pada kesempatan tersebut hadir Kepala Badan Pusat Statistik P.Sidimpuan, Camat Psp Batunadua, Perwakilan dari PT.Pertani, PT.Gresik Cipta Sejahtera, Kepala Desa Purwodadi, Gapoktan dari Kec.Psp Batunadua dan Kec.Psp Tenggara serta tokoh masyarakat. (Anas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar