10 September 2012

P.Sidimpuan : Ir.H. Chaidir Ritonga,MM di SMA Negeri 3 Psp


Wakil Ketua DPRD Sumut Minta Pelajar Jangan hanya mengejar jadi  PNS

 P.Sidimpuan STT Blog
Wakil ketua DPRD Sumatera Utara Ir.H. Chaidir Ritonga,MM  mengatakan agar pelajar SMA Negeri 3 P.Sidimpuan jangan hanya bercita cita jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal ini di sampaikannnya pada upacara bendera di halaman SMA Negeri 3 P.Sidimpuan  Senin (10/9). Ir H. Chaidir Ritonga,MM . yang juga ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 3 P.Sidimpuan menjadi Pembina upacara pada saat itu untuk memberi motivasi kepada sekolah yang menjadi bahagian dalam sejarah perjalanan pendidikannya.
Bersekolah maupun kuliah dengan tujuan hanya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), hanya akan mendatangkan rasa prustasi apabila setelah jadi sarjana kelak tidak bisa menjadi PNS. Selain itu,  pikiran yang PNS oriented akan menimbulkan ketidak-sungguhan dalam menuntut ilmu, dan hanya mengejar gelar tanpa mementingkan kualitas pendidikan serta dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi.

Dikatakannya “Pola pikir seperti ini harus dirubah, karena kesempatan untuk menjadi PNS sangat terbatas dan bergantung kepada tingkat kebutuhan. Hal ini berbeda dengan dunia entrepreuneur atau wira usaha yang memiliki ruang dan kesempatan luas bagi para pelakunya. Apalagi bila melihat setiap disiplin ilmu memiliki ruang yang luas di dunia wira usaha, maka jadilah seorang anak atau pelajar yang memiliki jiwa usaha dengan disiplin ilmu yang kuat, bukan hanya bercita cita jadi PNS “ ungkapnya.

Ketua Himpunan Alumni IPB Sumut yang juga Ketua Umum Parsadaan Ritonga Dohot Boruna (PRDB) se Indonesia itu menguraikan Kewirausahaan selain bermanfaat dan menolong diri sendiri, juga bisa membantu masyarakat luas, terutama angkatan kerja yang membutuhkan pekerjaan. Dan hal demikian sangat berkolerasi dengan program pemerintah baik pusat maupun daerah.
 
Pada bahagian lain ia memberi motivasi kepada pelajar SMA Negeri 3 P.Sidimpuan bahwa tidak ada alasan saat ini gagal menuntut ilmu hanya karena faktor ekonomi. Dengan mencontohkan dirinya yang hanya seorang anak sopir bus Sibualbuali, namun mampu menyelesaikan gelar S3 dan menjadi pimpinan di DPRD Sumut. Disampikannnya “ Sewaktu sekolah di SMA Negeri 3 P.Sidimpuan saya pernah menjadi juara umum hingga dapat beasiswa dan bebas testing di IPB. Saya berharap anak anak semuanya  pelajar SMA Negeri 3 P.Sidimpuan agar melanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi. Pemerintah telah memberikan kemudahan bagi anak bangsa ini untuk berprestasi. Kemauan keras, kerja keras dan yakin akan berhasil “ papar alumni SMA Negeri 3 P.Sidimpuan angkatan pertama ini.
Usai upacara Ir H. Chaidir Ritonga,MM  mengadakan silaturrahmi dengan jajaran guru dan pegawai di sekolah tersebut. Kepada  Drs.Abdullah Sani Nasution kepala SMA Negeri 3 P.Sidimpuan ia mengharapkan agar turut mengawal pembangunan sarana dan prasarana yang dananya telah di perjuangkan dari pemerintah provinsi Sumatera Utara. (Anas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar