6 Februari 2012

Jelang Pilkada Sidimpuan KTP Laris Manis, Calon Kandidat Sepi Promosi

*ikhwan nasution. Medan Bisnis
 
Perhelatan pesta demokrasi di kota Padangsidimpuan  yang direncanakan tahapannya dimulai pada bulan Mei mendatang masih terlihat sepi peromosi kandidat.
 
Sejumlah nama bakal kandidat yang akan meramaikan pesta demokrasi pilkada kota Padangsidimpuan kali ini sudah di isukan dari mulut ke mulut diantaranya Rahmat Nasution (Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan), Andar Harahap (anak Bachrum Harahap Bupati Paluta), Mara Gunung Harahap (Wakil Walikota Padangsidimpuan), Khaidir Ritonga (Anggota DPRD Propinsi), Isnandar (Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan), Khoiruddin Nasution (Anggota DPRD Kota Padangsidimpuan), Habib Nasution (Karyawan  PT. Anugra Tetap Cemerlang).
  
Cikal Bakal Kandidat yang disebut-sebut akan bertarung dengan menggunakan perahu “layar” dari independen seperti Rahmat Nasution dan Habib Nasution mulai bergerilya mengumpul photo kopy KTP sebagai syarat dukungan.
 
Photo kopy KTP pun menjadi barang yang mahal dan laris manis saat ini. Pemilih saat ini lebih teliti untuk memberikan photo kopy KTPnya. Calon kandidat haruslah yang benar-benar memiliki nilai jual. Memiliki nilai jual tidak cukup menjadi syarat mendapatkan KTP tapi juga ada dil komitmen atau uang yang jumlahnya bervariasi semisal Rp.50.000 per lembar kopy KTP.
 
Para tim pengumpul Photo Kopy KTP yang menjadi kepercayaan para cikal bakal kandidat calon kepala daerah kota Padangsidimpuan sering muncul diwarung-warung kopi dan tempat-tempat ramai mangkal para penggiat politik di tingkat desa.
 
Penomena seperti ini menjadi menarik. Para penggiat politik ditingkat desa mulai tertarik dengan tawaran dari tim pengumpul KTP untuk dapat seiring selangkah mendukung kandidat sesuai dengan yang ditawarkan. Kelihaian tim pengunmpul KTP saat ini ditantang untuk mendapat simpatik dari pemilih. Mereka mesti bisa meyakinkan pemilih agar relah memberikan kopy KTP berikut surat dukungan.
 
Ketua Tim Pengumpul photo kopy untuk syarat calon kepala daerah kota Padangsidimpuan Borkat Siregar, S.Sos ketika dimintai komentarnya, kemarin (4/2). Mengatakan, selama dua minggu dirinya bersama tim pengumpul KTP di enam kecamatan yang ada di kota Padangsidimpuan sudah berhasil mengumpulkan sedikitnya 7000 photo kopy KTP.
 
Borkat menjelaskan, pihaknya masih terus mengumpulkan photo kopy KTP sampai target sebanyak 14.800 kopy KTP atau berkisar 10 persen dari jumlah pemilih di kota Padangsidimpuan. “Saya optimis target tersebut dapat di selesaikan sampai akhir maret mendatang,’katanya.
 
Dari kopy KTP yang mereka kumpul tersebut tergantung bagaimana mereka mendapatkannya dan menyakinkan pemilih sehingga untuk mendapatkannya tidak mesti harus pakai uang. Ini kita peroleh dengan gratis,” katanya menepis isu kopy KTP tersebut menjadi barang mahal dan hanya didapat dengan imbalan uang recehan secara bervariasi mulai dari Rp. 50.000 s/d Rp. 100.000 per kopy KTP berikut surat dukungan.
 
Ketua KPU Kota Padangsidimpuan Arbanur ketika konfirmasi lewat selulkarnya, Sabtu (4/2) mengatakan bahwa pihaknya belum menentuykan jadwal tahapan pilkada kota Padangsidimpuan. Rencananya kemungkinan besar tahapan pilkada kota Padangsidimpuan akan dimulai bulan Mei mendatang.
 
“Kita masih akan melakukan pleno pada hari rabu besok, namun kemungkinan tahapan akan kita mulai pada bulan mei,”katanya.
 
 
Padangsidimpuan, 5 Pebruari 2012

 
IKHWAN NASUTION

1 komentar:

  1. mapindah langa ketua dprd tapsel menjadi ketua dprd kota psp katua?

    BalasHapus