13 Februari 2012

Di P.Sidimpuan E-KTP Diperkirakan Tidak tepat waktu



Padangsidimpuan

Memasuki awal tahun 2012, pelaksanaan program Elektronik-KTP (E-KTP) di Padangsidimpuan, belum menunjukkan hasil menggembirakan. Bahkan target yang dicanangkan pada bulan april nanti e- KTP  sudah mulai dilaunching di daerah ini kemungkin besar tidak terwujud alias molor.

Lambatnya pelaksanaan E-KTP di Padangsidimpuan juga diauki oleh pengawai kependudukan dan catatan sipil kota Padangsidimpuan. Pasalnya, perangkat yang harusnya sudah sampai di masing-masing kecamatan yang pendistribusiannya melalui konsorsium dari Jakarta, namun saat ini masih belum. Demikian juga belum dilakukannya pelatihan /pendidikan kepada tenaga operator  yang menangani E-KTP nantinya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padangsidimpuan  Drs. H Satia Halomoan Dongoran, kemarin (9/2) mengatakan, pihaknya masih menunggu konsorsium dari Jakarta sebegai penyedia perangkat termasuk mesin yang dibutuhkan untuk pembuatan  E-KTP. “Perangkat yang sudah masuk itu sudah didistribusikan ke kecamatan namun belum semuanya, yang akan menjadi operator nantinya sudah kita persiapkan orang orangnya. Kita menunggu agar senuanya berjalana sesuai program pemerintah. ”ujar Satia Halomoan.

Keberadaan Disdukcapil sendiri diakui Satia Halomoan hanya sebatas mobilisasi masyarakat serta kerja sama dengan Kecamatan dalam menyediakan tempat untuk proses e-KTP ini. Sementara yang menangani E-KTP ini sepenuhnya diserahkan ke semua kecamatan termasuk kerja sama dengan konsorsium dalam memberikan pendidikan kepada operator.

Masyarakat yang berpikiran seperti ini banyak di kota Padangsidimpuan. Oleh karena itu Kepala Disdukcapil Satia Halomoan didampingi Kabid kependudukan Hj.Sumiati Siregar, dan Kabid Pencatatan Sipil Sendetua meminta masyarakat khususnya yang KTPnya sudah mati jangan menunggu hadirnya KTP elektronik. ” jadi jangan di tunggu e-KTP tersebut, bila KTP model SIAK telah habis masa berlakunya, segera urus kembali. Sebab kalau menunggu e-KTP kita tidak dapat memastikan kapan itu akan keluar. Contoh beberapa Kabupaten Kota yang sudah lebih dulu berproses, namun masih banyak hingga saat ini e-KTP yang belum keluar. Jadi kami himbau kepada masyarakat P.Sidimpuan jangan menunggu e-KTP itu terrealisasi, urus saja sekarang bila membutuhkan KTP ” ucap Sende.

Pada kesempatan ini Sende Tua dan Hj.Sumiati Siregar menjelaskan bahwa program nasional e-KTP ini sepenuhnya kegiatan Pemerintah Pusat. Perlu di luruskan anggapan bahwa Pemda lamban dalam proses ini, itu adalah  penilaian yang kurang tepat. Karena penyedia perangkatnya adalah konsorsium yang bermitra dengan pemerintah pusat. (Anas)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar