25 Oktober 2015

Touring Resolusi Jihad 2015 di lepas Walikota P.Sidimpuan



Walikota P.Sidimpuan Andar Amin Harahap si dampingi  Wakil Walikota P.Sidimpuan M.Isnandar Nasution serta sejumlah pengurus NU dan DPC PKB Kota P.Sidimpuan menyerahkan bendera Touring Resolusi Jihad Kepada pengurus NU dan PKB Sumatera Utara di Pendopo Kantor Walikota P.Sidimpuan, Senin (19/10). Poto : Anas
P.Sidimpuan STT Blog
njadi hari santri nasional. Jadi memang, dua agenda yang kita lakukan ini mengenal peristiwa 22 Oktober dan sekaligus kejadian 10 November. Sejarah mencatat betapa besarnya peran ulama dalam mendirikan dan mempertahankan negara ini. Dalam rangka Peringatan hari resolusi jihad Nahdlatul Ulama (NU) ke-70 tahun se-Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh NU dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan dipusatkan di kota Siantar, 21-22 Oktober mendatang. Resolusi jihad dilakukan antara lain dengan mengunjungi 20 Pesantren di Sumatera Utara.

Hal ini di sampaikan oleh H.Mahmuddin Nasution pengurus DPC PKB yang juga anggota DPRD Kota P.Sidimpuan sebelum acara pelepasan bendera touring dari Kota P.Sidimpuan (Senin 19/10/2015) menuju Kabupaten Paluta di Halaman Kantor Walikota P.Sidimpuan. Dijelaskannya acara Resolusi Jihad tersebut dimulai sejak Minggu 18 Oktober hingga Kamis 22 Oktober. Rombongan Touring pengurus PKB dan NU diawali dari Medan tujuan Madina, sekaligus berziarah di Pesantren Purba Baru, pesantren tertua di Sumut.   “Tujuan perjalanan ini untuk mengenang tanggal 22 Oktober, dimana 70 tahun yang lalu terjadi sebuah peristiwa yang tak terlupakan, dimana peran-peran tokoh Muslim, yaitu kiai, santri dan ulama, dalam mempertahankan kemerdakaan Negara Kesatuan Repbulik Indonesia (NKRI),” ujarnya.
Pada acara pelepasan rombongan resolusi jihad Nahdlatul Ulama (NU) ke-70 tahun dari kota P.Sidimpuan di lakukan dengan upacara yang sederhana dari pendopo Kantor Walikota P.Sidimpuan yang di hadiri Walikota P.Sidimpuan Andar Amin Harahap, Wakil Walikota P.Sidimpuan M.Isnandar Nasution serta sejumlah pengurus NU dan DPC PKB Kota P.Sidimpuan. Selain itu dalam rombongan terdapat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) Sumut Drs Ance dan Pengurus DPP PKB Abdul Fatah Harahap, Ketua PKB Mandailing Natal Khoiruddin Faslah Siregar serta puluhan kader PKB dan NU. Walikota P.Sidimpuan Andar Amin Harahap  menyerahkan bendera touring Resolusi Jihad kepada pimpinan rombongan, di mana sebelum ke Kabupaten Paluta, bendera juga akan di serahkan kepada pengurus NU dan PKB Tapanuli Selatan di desa Panoppuan Kec.Angkola Timur yang seterusnya akan di terima pihak Kabupaten Padang Lawas Utara.

Sebelumnya Ketua DPC PKB Mandailing Natal Khoiruddin Faslah Siregar mengatakan perjalanan mereka saat itu dimulai dari Panyabungan, usai melakukan jiarah di Mandaling  akan berjalan dengan menyinggahi beberapa kabupaten/kota lainnya hingga puncak kegiatan di Siantar.
 Disampaikan, untuk mengingat perjuangan yang dilakukan oleh para tokoh Muslim, beberapa tahun ini PKB dan NU berusaha melakukan upaya agar pemerintah menjadikan hari bersejarah yang dilakukan para tokoh resolusi jihad bisa diperingati. “Kita perjuangkan supaya tanggal 22 Oktober itu dijadikan sebagai hari libur nasional. Ternyata alhamdulillah, di tengah jalan, Presiden RI  telah mengumumkan bahwa tanggal 22 Oktober itu meelasnya sembari menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kota P.Sidimpuan yang telah menyambut rombongan ini.(Anas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar