27 Agustus 2023

Pilkades di Sabungan Sipabangun "panas" , perhitungan Suara Hingga Malam

 

Sempat Tertundas, Syafruddin Harahap Petahana yang Bertahan di Pilkades Kec. Psp Hutaimbaru

P. Sidimpuan STT

Hiruk pikuk dan perseteruan antara pendukung calon kepala desa (cakades) yang satu dengan yang lainnya, pasca Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kota Padangsidimpuan yang di laksanakan pada 42 desa di 4 kecamatan, telah usai dilaksanakan pada Kamis (24/8/2023). Di Kecamatan Psp Hutaimbaru terdapat 5 desa yang menggelar Pilkades yakni, desa Partihaman Saroha, desa Singali, desa Sabungan Sipabangun, desa Tinjoman Lama dan desa Huta Padang.

Dari 5 desa tersebut, 3 Kepala Desa (Kades) yang masih aktip atau Petahana maju kembali untuk periode berikut yakni Syafruddin Harahap desa Sabungan Sipabangun, Safril Efendi Tanjung desa Tinjoman Lama dan Ihwanuddin Siregar desa Hutapadang. Perbedaan pilihan politik atau dukungan terhadap kandidat kepala desa oleh tim sukses sangat terasa di wilayah Psp Hutaimbaru. Namun dapat disikapi secara dewasa, baik oleh kandidat kepala desa, keluarga maupun warga pendukung calon, sehingga tidak menjadi ancaman atas hubungan kekerabatan yang telah terbangun selama ini.

Didesa Partihaman Saroha terdapat 3 orang cakades yang bersaing yakni Amran Dalimunthe,S.Pd, Emmi Sari Nasution (istri kepala desa juga PNS) dan Dorlan Rasoki Harahap, yang menang adalah Amran Dalimunthe, S.Pd. Desa Singali cakades 3 orang yakni, Riswan Nauli, Angga Azhari Harahap dan Ali Maddin Hasibuan. Kepdes yang aktif tidak maju lagi dan pemenang pilkades adalah Angga Azhari Harahap yang kerap disebut warga Toke Es. Pada Desa Huta Padang 3 cakades yaitu Ihwanuddin Siregar (petahana), Gulman Muda Hutasuhut dan Tengku Ahmad Ritaudin Hasibuan, nama terakhir ini berhasil menang atas pesaingnya. Desa Tinjoman Lama Safril Efendi Tanjung (petahana) dan Henri Sultoni Siregar, di desa ini petahana tidak dapat melanjutkan jabatannya karena kemenangan diraih Henri Sultoni. Pada Desa Sabungan Sipabangun Syafruddin Harahap dan Anwar Syam Harahap bersaing ketat dan sempat tertunda perhitungan suara dan pada akhirnya Syafruddin Harahap kembali menjabat untuk periode kedepan.

Proses perhitungan suara di desa Sabungan Sipabangun yang memiliki daftar pemilih 1.155 di 3 TPS tertunda dalam waktu yang cukup lama. Silang pendapat antara saksi dan panitia terkait satu lembar kertas suara pada kotak pertama yang di hitung, menimbulkan kegaduhan. Ada pihak ngotot dengan argumennya, meski sudah di terangkan panitia tentang berbagai kemungkinan terhadap satu kertas suara tersebut. Pihak penyelenggara dan keamanan sudah terkonsentrasi di lokasi perhitungan, terlihat hadir Kadis PMK/D, Kasatpol PP, Kapolres, Kasi Intel Kejari Psp, sejumlah personil Brimob, Polres, Kodim dan Satpol PP. Pada pukul 18.00 Wib, setelah mendapat penjelasan tegas dari Kasi Intel Kejari Psp Yunius Zega,SH.MH, maka disepakati perhitungan dilanjutkan.

Dibawah pengawalan pihak keamanan dan disaksikan ratusan warga yang antusias ingin mengetahui hasilnya, perhitungan kertas suara dari dua TPS dilanjutkan. Pada pukul 21.55 Wib perhitungan kertas selesai dimana perolehan jumlah terbanyak di raih Syafruddin Harahap. Sesaat kemudian Ketua Panitia Pilkades desa Sabungan Sipabangun, Muhammad Taqiuddin Ansor Siregar mengumumkan secara resmi pemenangnya dan disambut riuh pendukung petahana. Ditempat yang sama, Kepala PMK/D Kota Padangsidimpuan Ismail Fahmi.S.Sos.MSi mengatakan bahwa dengan selesainya perhitungan suara di tempat itu, maka selesai sudah pelaksanaan pilkades di P.Sidimpuan. Apapun hasilnya, mari kita jaga kerukunan di desa masing masing agar pembangunan di desa dapat berjalan dengan baik,pintanya. (Anas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar