16 Juni 2013

Kemah Bersama Pramuka P.Sidimpuan

700 Pramuka Ramaikan Perkemahan Bersama Salumpat Saindege Kota P.Sidimpuan

P.Sidimpuan STT Blog
 Sebanyak 700 pramuka dari 6 Kecamatan meramaikan Perkemahan Bersama (Kemsama), yang dimulai Sabtu sampai Selasa (15-19/6) pekan ini di Bumi Perkemahan Pulobauk, Kecamatan Psp Tenggara Kota P.Sidimpuan. Acara Kemsama bertajuk Salumpat Sa indege ini di buka Walikota P.Sidimpuan yang di wakili Asisten II Pemko P.Sidimpuan DR.Alipada Harahap.

Ketua Panitia Kemsama Irianto dalam laporannya mengatakan bahwa acara ini ini merupakan agenda rutin tahunan Kwartir Cabang  P.Sidimpuan. Para peserta merupakan utusan dari Gugus Depan (Gudep) di Kwartir Ranting yang ada di Kota P.Sidimpuan mulai dari tingkat Siaga (SD) Penggalang (SMP/MTS) dan Penegak (SMA/SMK/MA)  masing-masing pramuka putra dan pramuka putri yang didampingi (guru) pembina.

Acara yang berlangsung selama 5 hari ini akan  di isis dengan berbagai kegiatan seperti lomba keterampilan pramuka, jalan lintas (hiking), pentas seni di arena Kemsama, Donor Darah bagi Pembina,serta pembinaan kerohanian dan karakter.

Walikota P.Sidimpuan dalam sambutannya mengatakan dalam kurikulum 2013 nanti Pramuka akan menjadi ekstrakurikuler wajib yang harus dilaksanakan peserta didik. Berbeda dengan kurikulum sebelumnya, dimana Pramuka hanya diselenggarakan oleh pihak sekolah. Nantinya setelah diwajibkan tidak ada alasan lagi bagi peserta didik untuk tidak mengikuti.

Walikota juga mengingatkan agar Kepala Dinas Pendidikan Kota P.Sidimpuan agar turut mendorong terbentuknya Gugus Depan di seluruh sekolah yang ada di kota ini. “ Di harapkan agar Kkepala Dinas Pendidikan  memperhatikan sekolah yang belum memiliki Gudep dan bermitra dengan Kwarcab dalam membina kegiatan Pramuka di sekolah, khususnya yang tidak mengirimkan peserta pada acara ini “ tegasnya.

Pembukaan acara Kemsama Salumpat Sa indege ini juga di hadiri beberapa kepala SKPD diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial, Kakan Capil, Kakan PPA-KB, Pasi Ops, Kodim Kawal Samudra, Camat Psp Tenggara dan sejumlah undangan lainnya.

Ketua Harian Kwarcab Kota P.Sidimpuan Drs.Ibnu Hajar,M.Pd saat di temui mengatakan bahwa peran pramuka dalam mensukseskan program pemerintah tentang pendidikan karakter saat ini sangat besar.
 "selain untuk mengasah keterampilan dan kecapan di bidang ke Pramukaan, kegiatan kemsama ini akan kita fokuskan pada pendidikan karakter serta kepribadian. Pendidikan dan kegiatan di kepramukaan saat ini menjadi tempat yang sangat tepat untuk pendidikan karakter. Dengan melaksanakan Dasa Dharma Pramuka dalam kehidupan sehari hari,  niscaya adek adek pramuka akan lebih disiplin dan ber watak luhur di lingkungan keluarga dan sekolah" kata Drs.Ibnu Hajar,M.Pd.


Usai upacara pembukaan kemsama, peserta pramuka tingkat penggalang melaksanakan unjuk terampil di bidang Smaphore, Tali temali, P3K dan kesenian serta Marching Band SMP Negeri 3 P.Sidimpuan. (Anas)



Berita ini dapat di baca pada Harian ORBIT, Perjuangan, Skm SUARA MASA dan MITRA 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar