30 Mei 2013

P.Sidimpuan Dapat Bantuan Bidang Pendidikan


Konsul Jenderal Jepang Resmikan Gedung Belajar MTs Ponpes Darul Istiqomah Padangsidimpuan



P.Sidimpuan STT Blog
KONSUL JENDERAL Jepang di Medan, Yuji Hamda meresmikan proyek bantuan hibah pembangunan gedung belajar Madrasyah Tsnawiyah (MTs) Pondok Pesantren Darul Istiqomah (Ponpes DI) yang beralamat di Desa Hutapadang, Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Kota Padangsidimpuan, Sumut, Rabu (29/5). Peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan selubung plank merek dan pengguntingan pita oleh Konsul Jenderal Jepang di Medan Yuji Hamada bersama Walikota yang diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kota (Plt Sekdakota) Drs.Khairul Alamsyah Lubis. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ruangan sekolah.

 Penandatanganan kontrak hibah proyek pembangunan gedung belajar MTs Ponpes Darul Istiqoham ini dilakukan pada tanggal 18 September 2012 melalui Program Asistance for Grass-roots Human Security Project. Dalam penandatangan kontrak hibah tersebut Ponpes DI menerima hibah sebesar US$ 96.074 (sekitar RP.919 juta). Bantuan tersebut telah digunakan untuk membangun gedung belajar MTs Ponpes DI sebanyak 8 ruangan ditambah 8 ruangan untuk kamar mandi.

 Konsul Jenderal Jepang di Medan Yuji Hamada dalam sambutannmya mengatakan bahwa hibah ini merupakan wujud nyata dari program Grant Asistance for Grass-root Human Security Projects. Indonesia-Jepang merupakan dua negara sahabat yang memiliki hubungan erat serta harmonis. Hubungan persahabatan yang terjalin antara kedua negara telah berlangsung di berbagai bidang seperti hubungan politik, kerjasama ekonomi, pendidikan, pertukaran kebudayaan hingga taraf grass-roots (akar rumput).
 Dikatakan, proyek ini merupakan kerjasama di bidang pendidikan, bantuan masyarakat Jepang kepada masyarakat Indonesia sebagai negara sahabat.

 Oleh karena itu Konsul Jenderal Jepang berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menghasilkan generasi yang berakhlak mulia dan berjuang demi peningkatan kesejahteraan masyarakat luas.
   Diakhir sambutannya Yuji Hamada berpesan kepada anak didik untuk merawat bangunan tersebut sebaik-baiknya serta meminta supaya bersemangat dan gigih dalam belajar, jangan pernah menyerah dan putus asa untuk meraih cita-cita mulia. 

   "Anak didik pasti bisa melakukan yang terbaik untuk diri pribadi, keluarga, masyarakat dan negara serta bertekad agar hari ini lebih baik dari hari kemarin. Anak-anak menjadi generasi penerus persahabatan Indonesia-Jepang dimasa depan yang lebih baik" harapnya. 

   Walikota Padangsidimpuan yang diwakili Plt Sekdakota Drs.Khairul Alamsyah Lubis dalam sambutannya mengatakan mengucapkan selamat datang kepada Konsul Jenderal Jepang di Medan Yuji Hamada beserta rombongan di Bumi Dalihan Natolu kota Padangsidimpuan. "Atas nama pribadi maupun selaku walikota Padangsidimpuan saya menyambut baik dan memberikan penghargaan atas dilaksanakannya peresmian gedung belajar MTs Ponpes Darul Istiqomah sebanyak 16 ruangan," ujar walikota.
   Dikatakan walikota, bagi pemerintah kota Padangsidimpuan keberadaan pesantren memiliki posisi strategis, terutama sebagai basis penguatan citra dan kultur agamis, khususnya dalam penanaman nilai iman dan taqwa .  

   Sebelumnya Kepala MTs Ponpes DI HM Anwar Nasution melaporkan Ponpes ini resmi berdiri tahun 1994 memiliki jenjang pendidikan MTs (SMP), Madrasyah Aliyah (SMA) dan SMK dengan tujuan melahirkan anak didik yang berkwalitas dan berakhlak mulia. "Saat mendirikan Ponpes ini, modal dimiliki cukup minim namun karena niat dan semangat tinggi akhirnya mendapat bantuan dari berbagai lembaga dan lapisan masyarakat," ujarnya.

Turut hadir Kakan Kemenag Kota Padangsidimpuan Drs.H.Efri Hamdan Harahap, Kadisdik Pemko Padangsidimpuan Drs.Abdul Rosad Lubis, SE, MM, Kabid Dikdas Rifai Tanjung Disdik dan para Kepsek MA, MTs se-Tabagsel serta tokoh masyarakat lainnya (Anas).


Berita ini dapat di baca pada HARIAN ORBIT dan Skm SUARA MASA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar