11 Mei 2013

IGRA P.Sidimpuan Gelar Manasik Haji 2013


 Manasik Haji RA Se-Kota P.Sidimpuan, Tanamkan Nilai Agama Sejak Dini

P.Sidimpuan STT Blog
Suasana halaman Mesjid Al-Abror, Padangsidimpuan (Psp) mendadak memutih dan riuh. Pasalnya pagi itu, Sabtu (11/5) 1732 orang  anak dari Taman pendidikan Raudhatul Athfal (RA) mengikuti manasik haji. Suara anak-anak bercampur dengan lantunan talbiyah dari pengeras suara bercampur jadi satu memeriahkan suasana.  

Gerimis yang menyiram Kota P.Sidimpuan, ternyata juga tak mampu mengusik mereka. Bak para jamaah haji sungguhan, ribuan anak-anak dan para guru dari sekolah masing-masing yang tergabung didalam Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) P.Sidimpuan, melakukan rangkaian manasik haji. Ribuan murid RA ini melontar jumrah hingga tawaf mengelilingi miniatur Ka’bah, bak sedang berada di Tanah Suci menunaikan ibadah haji. Mereka juga dituntun lari-lari kecil atau yang disebut sai, melakukan rukun dan wajib haji.

Saat di konfirmasi kepada Ketua IGRA P.Sidimpuan, Nur Ainun Hrp,S.Ag dan Majelis Hikmah  IGRA Abdul Fatah Hsb. S.Ag mengatakan “ bahwa kegiatan manasik haji ini adalah agenda rutin yang di laksanakan oleh IGRA P.Sidimpuan. Tahun ini adalah yang ke 5 (lima) kalinya kita laksanakan, dari tahun ke tahun terjadi pertambahan peserta yang cukup signifikan “ katanya. Nur Ainun Hrp  menambahkan, tahun ini pesertanya berjumlah 1732 orang yang terdiri dari 37 RA, hal ini meningkat jika kita bandingkan tahun sebelumnya. Ia juga menjelaskan bahwa terselenggarnya acara ini adalah berkat kebersamaan yang terjalin di dalam tubuh IGRA. Karna murni acara ini di danai dan di kelola oleh IGRA P.Sidimpuan.

 Abdul Fatah Hsb. S.Ag Majelis Hikmah IGRA P.Sidimpuan yang jadi pengarah kegiatan ini mengatakan Manasik haji yang dilakukan anak seusia ini, akan membekas dan dapat dengan cepat meniru, sehingga nilai-nilai keagamaan dalam diri anak sangat cepat melekat. “Karena itu rukun Islam kelima ini sangat tepat kalau sejak dini dilatihkan, daripada kita hanya menerangkan di kelas dengan metode ceramah,” katanya seraya berharap kegiatan awal ini bisa diikuti oleh anak-anak dijenjang yang lebih tinggi lainnya.
 Hadir pada acara ini Asisten II Kota P.Sidimpuan, DR.Alipada Harahap.Ketua DPRD Kota P.Sidimpuan,H.Aswar Samsi Lubis, Ketua IPHI. Ali Raja Harahap.MUI Kota P.Sidimpuan dan sejumlah undangan lainnya. 

Kakan Kemenag Psp Drs. H. Efri Hamdan Harahap dalam kata sambutannya yang di sampaikan Kasubbag TU,Drs.Lukman Hakim di hadapan ribuan peserta, guru dan orangtua yang memadati lapangan mesjid Al Abror ini antara lain mengatakan “acara Manasik Haji ini adalah ikon dari Raudhatul Athfal  merupakan acara khusus yang telah di laksanakan lima kali berturut, dan berharap kepada guru guru RA untuk tidak berhenti sampai disini seraya mencari inovasi inovasi baru dalam memudahkan tugas selaku pendidik, begitu juga dalam membesarkan IGRA ini. Raudhatul Athfal  harus tampil beda dari TK yang lain kalau tidak suatu saat masyarakat akan meninggalkan Raudhatul Athfal  ini” ujarnya.

Walikota P.Sidimuan yang di wakili Asisten II,DR.Alipada Harahap dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada IGRA atas pelaksanaan acara ini seraya meyakinkan orang tua murid bahwa guru guru RA telah meletakkan pondasi pendidikan yang Islami kepada anak didik sebagai bekal untuk menjadi generasi yang berahlak mulia. Tinggal bagai mana orang tua meneruskannya apabila anak anak ini telah selesai dari tingkat (RA). “ pendidikan agama dan budi pekerti  jangan hanya di bebankan kepada guru, tetapi peran orang tua di lingkungan keluarga harus lebih dominan” sebut Alipada.

 Acara ini di awali pawai ta’aruf dari Alun alun alaman bolak P.Sidimpuan menuju mesjid Al Abror yang berjarak sikitar 1 Km dengan pengawalan ketat dari petugas Sat Lantas Polres dan Dishub P.Sidimpuan.(Anas)

Berita ini dapat di baca pada Harian ORBIT,Metro Tabagsel dan Skm SUARA MASA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar