31 Mei 2012

Manasik Haji RA Se-Kota P.Sidimpuan

 Manasik Haji RA Se-Kota P.Sidimpuan di ikuti 1734 orang Untuk Tanamkan Nilai Agama Sejak Dini
P.Sidimpuan STT Blogger
Suasana halaman Mesjid Al-Abror, Padangsidimpuan (Psp) mendadak memutih dan riuh. Pasalnya pagi itu, Rabu (30/5) 1734 orang  anak dari Taman pendidikan Raudhatul Athfal (RA) mengikuti manasik haji. Suara anak-anak bercampur dengan lantunan talbiyah dari pengeras suara bercampur jadi satu memeriahkan suasana. 
Panasnya mentari pagi yang menyengat kulit, ternyata juga tak mampu mengusik mereka. Bak para jamaah haji sungguhan, ratusan anak-anak dan para guru dari sekolah masing-masing yang tergabung didalam Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA) Psp, melakukan rangkaian manasik haji.
Ribuan murud RA ini melontar jumrah hingga tawaf mengelilingi miniatur Ka’bah, bak sedang berada di Tanah Suci menunaikan ibadah haji. Mereka juga dituntun lari-lari kecil atau yang disebut sai, melakukan rukun dan wajib haji.

Saat di konfirmasi kepada Ketua panitia Nawiruddin.S.Pd.I yang saat itu bersama Ketua IGRA Psp Nur Ainun Hrp,S.Ag dan staf Mapenda Kemenag Psp Abdul Fatah Hsb. S.Ag mengatakan “ bahwa kegiatan manasik haji ini adalah agenda rutin yang di laksanakan oleh IGRA Psp. Tahun ini adalah yang ke 4 (empat) kalinya kita laksanakan, dari tahun ke tahun terjadi pertambahan peserta yang cukup signifikan “ katanya. Ketua IGRA Psp Nur Ainun Hrp,S.Ag mengatatakan pada tahun ini pesertanya berjumlah 1734 orang yang terdiri dari 39 RA, hal ini meningkat jika kita bandingkan tahun kemarin di ikuti 1300 peserta dari 28 RA. Abdul Fatah Hsb. S.Ag staf Mapenda Kemenag Psp yang jadi pengarah kegiatan ini mengatakan Manasik haji yang dilakukan anak seusia ini, akan membekas dan dapat dengan cepat meniru, sehingga nilai-nilai keagamaan dalam diri anak sangat cepat melekat. “Karena itu rukun Islam kelima ini sangat tepat kalau sejak dini dilatihkan, daripada kita hanya menerangkan di kelas dengan metode ceramah,” katanya seraya berharap kegiatan awal ini bisa diikuti oleh anak-anak dijenjang yang lebih tinggi lainnya.
 
Kakan Kemenag Psp Drs. H. Efri Hamdan Harahap dalam kata sambutannya di hadapan ribuan peserta, guru dan orangtua yang memadati lapangan mesjid Al Abror ini antara lain mengatakan “acara Manasik Haji ini adalah ikon dari Raudhatul Athfal  merupakan acara khusus yang telah di laksanakan empat kali berturut, dan berharap kepada guru guru RA untuk tidak berhenti sampai disini seraya mencari inovasi inovasi baru dalam memudahkan tugas selaku pendidik, begitu juga dalam membesarkan IGRA ini. Raudhatul Athfal  harus tampil beda dari TK yang lain kalau tidak suatu saat masyarakat akan meninggalkan Raudhatul Athfal  ini” ujarnya. Drs. H. Efri Hamdan Harahap seraya meyakinkan orang tua murid bahwa guru guru RA telah meletakkan pondasi pendidikan yang Islami kepada anak didik sebagai bekal untuk menjadi generasi yang berahlak mulia, tinggal bagai mana orang tua meneruskannya apabila anak anak ini telah selesai dari tingkat  (RA). Ia juga menjelaskan bahwa terselenggarnya acara ini adalah berkat kebersamaan yang terjalin di dalam tubuh IGRA. Karna murni acara ini di danai dan di kelola oleh IGRA Psp. Acara ini di awali pawai ta’aruf dari Alun alun alaman bolak Sidimpuan menuju mesjid Al Abror yang berjarak sikitar 1 Km dengan pengawalan ketat dari petugas Sat Lantas Polres Kota Psp dan Dishub Psp.(Anas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar