16 Mei 2012

Dinas Sosial P.Sidimpuan


300 orang  Siswa Miskin Menerima Pakaian Seragam Sekolah dari Dinas Sosial P.Sidimpuan
Kepala Bidang PMKS Dinas Sosial P.Sidimpuan Herman Tua Ritonga,SP, (Kanan) Camat Camat Psp Selatan Paruhuman Hrp MM, Sekretaris Dinas Sosial Psp, Ir.Ali Ibrahim Dalimunthe serta perwakilan penerima bantuan pakaian siswa miskin di Kantor Kecamatan Psp Selatan Kamis (10/5) Poto: Anas  
 
P.Sidimpuan STT Blog

Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Padangsidimpuan (Psp)  memberikan bantuan pakaian seragam sekolah kepada 300 orang siswa SD dan SMP dari keluarga miskin. Pemberian pakaian seragam ini adalah salah satu program Dinas sosial yang anggarannya sudah di tampung pada instansi tersebut. Kadis Sosial dan tenaga kerja Psp Ali Sutan.SE melalui Kepala Bidang Penyandang Masalah Kesejahteraan dan Perlindungan Sosial (PMKS) Herman Tua Ritonga,SP mengatakan “ Pemberian bantuan pakaian seragam sekolah bagi siswa miskin ini telah  kita lakukan tiap tahun, pada anggaran 2012 ini kemampuan dana kita hanya untuk 300 orang siswa” kemudian di jelaskannya bahwa dalam menentukan siapa siswa yang berhak menerima bantuan ini, pihak Dinas Sosial bekerja sama dengan Camat dan jajarannya “ yang menentukan penerima adalah petugas di Kelurahan dan desa melalui Camat masing masing, hal ini telah di kerja samakan juga dengan kepala lingkungan. Sehingga di dapatkan siapa yang paling berhak menerima bantuan ini. Dengan di berikannya bantuan  bagi anak-anak dari keluarga miskin kita harapkan mereka tidak terkendala ke  sekolah karena kekurangan pakaian seragam. Kita menyadari walaupun sekolah sudah tidak memungut biaya, murid-murid tetap membutuhkan biaya untuk keperluan pribadi, seperti baju seragam sepatu dan buku tulis. Hanya saja hingga saat ini kita baru mampu memberi bantuan seragam” sebut Herman Tua Ritonga SP.
 
300 orang siswa penerima bantuan seragam tersebut adalah siswa SD dan SMP yang tersebar di 6 Kecamatan di Kota Psp. Jumlah penerima bantuan di masing masing kecamatan yakni Kec.Psp Batu Nadua 75 orang, Kec. Psp Tenggara 55 orang, Kec.Psp Hutaimbaru 50 orang, Kec. Psp Angkola Julu, Kec.Psp Utara dan Kec.Psp Selatan masing masing sebanyak 40 siswa. Program Dinas Sosial dalam rangka membantu siswa miskin ini merupakan salah satu agenda rutin dinas ini, namun dari pantauan dilapangan, jumlah penerima semakin berkurang dari tahun sebelumnya. Ini erat kaitannya dengan alokasi anggaran yang di setujui DPRD Kota Psp saat  penetapan APBD. Namun kalau melihat kondisi riil kesejahteraan masyarakat Psp saat ini, sangat tidak layak apabila besaran anggaran perlindungan dan kesejahteraan masyarakat di turunkan dari tahun sebelumnya. Herman Tua Ritonga SP tidak bersedia memberi komentar tentang pengurangan jumlah anggaran untuk bantuan siswa miskin tahun ini, ia hanya mengatakan “tentunya eksekutif dan legislatif punya alas an yang kuat akan hal itu. Kembali pada bantuan ini diharapkan seluruh siswa tidak mampu yang duduk di bangku sekolah, tidak lagi menemui hambatan untuk mengikuti kegiatan belajar dan mengajar di karenakan masalah pakaian seragam “ ujarnya mengakhiri.(Anas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar