4 April 2014

Dinas Pendidikan Tapsel : Bupati Tapsel Resmikan Dua Sekolah Dasar



SD Pasir Bidang dan Aek Sabatang Menek Resmi Berdiri Sendiri


Tapanuli Selatan, STT Blog
Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M Pasaribu pada Rabu (2/4) meresmikan dua Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Angkola Sangkunur. Sekolah yang di resmikan tersebut adalah SD Negeri 101310 di Desa Aek Samatang Menek  dan SD Negeri 101311 Desa Pasir Bidang Kecamatan Angkola Sangkunur. Kedua Sekolah tersebut masuk pada kategori daerah terpencil yang pada umumnya di huni oleh masyarakat suku Nias yang sering di sebut Ono Niha.

Bupati Tapanuli Selatan beserta rombongan di dua tempat tersebut di sambut masyarakat Ono Niha dengan upacara adat dan Tarian Maena. Tokoh masyarakat Pasir Bidang Halawa, menyampaikan bahwa sebelum berdirinya sekolah tersebut, anak anak yang akan bersekolah harus menempuh perjalanan 7 Km kesekolah terdekat yaitu di Desa Aek Tarutung. Dikatakannya “ kami sangat berterima kasih kepada Bupati Tapabuli Selatan dan Ketua DPRD atas berdirinya Sekolah di Pasir Bidang ini. Selama ini anak anak kami harus berjalan kaki sekitar 7 km menuju sekolah terdekat” ujarnya. Halawa juga minta kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan agar membangun akses jalan ke Desa Pasir Bidang.

Sementara itu Kadis Pendidikan Tapanuli Selatan Drs.Mohd.Ikhsan Lubis MM melaporkan bahwa SD Negeri 101311 sebelumnya adalah sekolah Filial atau Kelas jauh dari SD Negeri Aek Tarutung. Saat ini jumlah murid di sekolah tersebut sebanyak 308 siswa terdiri dari kelas 1 hingga kelas 5. Sementara Ruang belajar baru 4 lokal.

Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M Pasaribu mengatakan bahwa Pemerintah akan segera menambahi ruang belajar di sekolah tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menghibahkan pertapakan sekolah tersebut seluas 1,5 Ha. “ Pemerintah Tapanuli Selatan bersama DPRD sangat peduli terhadap pendidikan, namun dengan keterbatas anggaran yang ada di harapkan kerja sama dengan seluruh masyarakat agar pemerintah dapat menyahuti permintaan tersebut. Untuk itu apa bila ada permintaan mendirikan sekolah baru pemerintah akan siap membangunnya dengan catatan mohon kerja sama dengan masyarakat dalam pembebasan lahannya” ucap Syahrul.

Peresmian Sekolah SD Negeri 101311 Desa Pasir Bidang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M Pasaribu dan Ketua DPRD Tapanuli Selatan H Rahmat Nasution,S.Sos di teruskan dengan Pembukaan selubung plang merek sekolah dan pengguntingan pita. 

Usai dari peresmian SD Negeri 101311 Desa Pasir Bidang Rombongan Bupati menuju SD Negeri 101310 Dusun Aek Sabatang Desa Bukkas, Sekolah ini sebelumnya filial atau berinduk ke SD Negeri Rianiate. Setelah menempuh perjalanan dengan kenderaan roda 4 selama satu jam, rombongan harus menaiki kenderaan roda dua dan sebahagian berjalan kaki menuju lokasi sejauh 4 Km. Di Aek Sabatang Menek Bupati bersama Rombongan yang terdiri  ketua DPRD Kadis Pertanian perkebunan,Hamdan Nasution Sp, Sekretaris Kesehatan Suyanto, Plt Camat Angkola Sangkunur M Zein Hamid S.Sos beserta jajaran Dinas Pendidikan dan kepala sekolah yang ada di Kecamatan Angkola sangkunur disambut secara adat Ono Niha. 

Dihadapan ratusan  masyarakat yang umumnya suku Nias,Bupati mengatakan bahwa Pemerintah Kab Tapanuli Selatan tidak membeda bedakan suku yang ada di Tapsel termasuk suku Nias. “ Pembangunan di Tapanuli Selatan kami upayakan merata tanpa membedakan daerah, khusunya pembangunan bidang pendidikan. Pemerintah Tapanuli Selatan memberikan apresiasi kepada Jajaran Dinas Pendidikan yang sudah bekerja keras dalam mengadakan sarana pendidikan dan upaya peningkatan kualitas pendidikan di Tapanuli Selatan. 

Jumlah Siswa di Aek Sabatang Menek  sebanyak 320 siswa sedang ruang belajar 5 lokal, 3 diantaranya masih semi permanen. Dengan di resmikannya dua sekolah ini maka jumlah sekolah dasar di Tapanuli Selatan menjadi 281 sekolah . (Anas)

Berita ini dapat di baca pada HARIAN ORBIT dan SKM SUARA MASA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar