16 April 2014

Diknas P Sidimpuan : Monitoring UN tahun 2014 SMA SMK & MA Hari Kedua


Menjaga  Kemurnian UN Siswa Tidak Dibenarkan  Bawa Telepon Seluar Dan Tas Ke Dalam Ruangan

P.Sidimpuan STT Blog
HARI kedua pelaksanaan Ujian Nasional di P.Sidimpuan Selasa (15/4) ditinjau ke beberapa sekolah SMA sederajat oleh Plt Sekdakota Drs Khairul Alamsyah Lubis, Kakan Kemenag Kota P.Sidimpuan Drs Efri Hamdan Harahap, Asisten I Tapem A.R Marjoni,  Kadisdik Nelpisar Nasution, M.Hum, Sekretaris Disdik Hj Roslina Hasibuan dan Kabag Humas Dan Arsip Setda Kota P.Sidimpuan Rahmat Irmansyah. Diantara sekolah yang ditinjau adalah SMAN 4 yang berada di Jalan Sutan Soripada Mulia, P.Sidimpuan dimana sebanyak 159 siswa jurusan IPA dan 91 IPS ikut peserta UN.


 Kepala Sekolah SMAN 4 Saudin Nababan, SPd memaparkan pihaknya menerapkan ketentuan kepada seluruh siswa peserta UN tidak diperbolehkan membawa telepon selular, catatan kertas atau benda lainnya yang dicurigai digunakan sebagai alat bantu menjawab soal-soal UN. “Para siswa tidak dibenarkan membawa telepon seluler, catatan-catatan, buku dan benda lainnya yang diduga bisa dijadikan alat bantu menjawab soal-soal UN . Tas juga ditempatkan di luar ruang kelas,” ujar Saudin Nababan.

    UN hari kedua yang pada jam pertama mengujikan mata pelajaran Matematika untuk jurusan IPA dan IPS serta Kimia  jurusan IPA dan Sosiologi jurusan IPS disekolah favorit ini diawasi pengawas satuan pendidikan Marina Simorangkir dari Unimed dan pengawas ruangan sistem silang. Sedang distribusi naskah soal UN dan LJK  dikawal personil Polres Kota P.Sidimpuan

   Usai meninjau di SMA Negeri 4 , rombongan kemudian ke MAN 1 dan SMAN 6 yang lokasinya berdekatan dengan SMAN 4. Di MAN 1 yang dipimpin Kepala Sekolah Dra Marliana Nasution, rombongan mendapatkan penjelasan bahwa UN di sekolah ini berjalan dengan lancar tanpa kekurangan naskah soal dan LJK. "Sebanyak 133 siswa IPA dan 86 IPS hadir mengikuti UN," ujarnya singkat.

   Sama halnya di SMAN 6 pimpinan  Kepala Sekolah Drs.Hamzah Pulungan dimana seluruh sebanyak 100 jurusan IPA dan 53 jurusan hadir mengikuti UN. "Kendati soalnya cukup sulit, namun sisswa kita berupaya maksimal menjawbnya dengan benar" tutur Hamzah.

    Dari hasil pantauan pelaksanaan UN di SMAN 5 di Jalan Melati P.Sidimpuan  yang di pimpin Drs.Anwar, juga berjalan tertib dan lancar. Dalam kesempatan tersebut, Asisten I AR Marjoni memantau siswa dari luar ruangan supaya tidak mengganggu konsentrasi siswa menjawab soal UN.

    Sementara itu Kadisdik Nelpisar menepis kemungkinan siswa bisa bekerjsama menjawab soal UN sebab ada 20 jenis lembar soal UN. Tiap siswa mendapat soal yang berbeda. "Dengan begitu, para siswa tidak dapat bekerja sama dalam menjawab soal. Kemudian kecemasan soal ujian bocor sebelum ujian berlangsung juga dapat dieliminir karena siswa belum tentu mendapat jawaban soal sesuai soal yang diterimanya di ruang ujian,” jelas Nelpisar. (Anas).





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar