22 Januari 2013

DAK PENDIDIKAN " BANYAK YG DI PERAS"


Cerita mengenai DAK Pendidikan " Banyak kepala sekolah yang setengah Jantungan"


(Kiriman AR. Siregar)

di sadur dari cerita Septiyan...
........
Senang dan tidak senang. Itulah yang dirasakan oleh para kepala sekolah saat menerima bantuan dana  sarana dan prasarana dari pemerintah untuk sekolahnya.

 Senangnya , karena kepala sekolah bisa memperbaiki atau melengkapi fasilitas disekolahnya. Tidak senangnya, karena berbarengan dengan turunnya dana tersebut, banyak pula yang turun kesekolahnya  dariberbagai kalangan baik itu wartawan maupun Lsm yang bermacam macam motiv kedatangannya.
Ada yang datang hanya untuk meminta jatah sambil mengorek ngorek kesalahan, ada yang datang menjual aneka macam barang seperti buku agenda, kalender dan kain alas meja yang harganya bisa 1000 kali lipat dari harga biasanya. Dan ada pula yang datang menawarkan ( sambil memaksa ) material bangunan atau peralatan lainnya sambil membawa rekomendasi dari pejabat tertentu. Sehingga mau tidak mau, suka tidak suka sekolah harus membelinya.

Maka tidaklah heran kalau saat bantuan untuk sekolah turun seperti sekarang ini, terutama bantuan untuk fisik, baik itu yang bersumber dari APBN, APBD provinsi maupun APBD kota/Kabupaten, banyak kepala sekolah yang lebih ngumpet untuk menghindari banyaknya tamu tidak diundang yang datang kesekolahnya. Bahkan tidak sedikit kepala sekolah yang pulang kerumahnya pada saat hari sudah malam, karena biasanya wartawan atau Lsm yang mencarinya itu kalau tidak ketemu disekolah suka mencarinya kerumah keala sekolah.

Sebut saja Pak Bingung salah seorang kepala sekolah di kabupaten Tasikmalaya yang pada tahun ini menerima bantuan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) dari pemerintah pusat untuk rehabilitasi 3 ruang kelas yang sudah beberapa tahun ini ambruk. Sejak ditetapkan oleh Dinas pendidikan kabupaten sebagai penerima bantuan, sejak itu pula sudah banyak yang datang dari kalangan wartawan dan Lsm untuk menawarkan material bangunan berupa rangka atap baja ringan. Semua yang datang itu   menyebutkan mengaku  sudah mendapat restu dari pejabat di dinas Pendidikan. Bahkan ada yang mengaku sudah mendapat restu dari orang nomor satu di kabupaten.

Pak Bingung, belum juga menerima  dana bantuan itu sudah dibuat bingung oleh yang datang, apalagi kalau sudah cair dananya, pasti pikirannya tambah bingung lagi karena semakin banyak yang datang.  Belum lagi ada pihak pihak tertentu yang meminta jatah karena mengaku telah mengusung sekolah itu untuk menerima dana bantuan. Belum lagi ia harus mengatur pengeluaran tidak terduga seperti setoran dana kebersamaan buat atasannya, mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten. 
 Jadinya Pak Bingung sebelum melaksanakan kegiatan rehabilitasi sekolahnya, ia harus mempersiapkan dulu cara merekayasa penggunaan dana tersebut agar semua pos tidak terduga itu bisa tertutupi. 
Mulai pos amplop wartawan dan Lsm, pos organisasi profesinya, OKP,pos persatuan para kepala sekolah, pos pejabat dinas pendidikan kecamatan dan kabupaten sampai pos buat pemeriksa nanti kalau sudah selesai kegiatan.

Salah satu untuk ia tidak tambah lebih bingung lagi apalagi sampai linglung, maka Pak Bingung terpaksa harus pandai berbohong. Kepada bawahannya disekolah juga kepada orang rumahnya ia selalu menitipkan pesan utama yakni ” Kalau ada wartawan atau Lsm yang datang bilang tidak dan katakan saja sedang keluar dan pulangnya belum tentu “. 

Dan satu lagi Pak Bingung harus sering gonta ganti nomor hpnya untuk menghindari telepon masuk. Sebab kalau ia tidak bisa ditemuai, biasanya wartawan atau Lsm selalu menghubunginya melalui hp dan tidak jarang dengan nada mengancam.
Itulah sekelumit cerita tentang kepala sekolah di daerahku yang mungkin sama terjadi dan dialami oleh kepala sekolah di daerah lainnya. Dimana kepala sekolah selalu dalam posisi menjadi tumbal setiap ada bantuan yang datang kesekolahnya. Diperas setelah di korbankan. * septyan...

Isi diluar tanggung jawab Sidimpuan tabagselta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar