10 Agustus 2023

Pengukuhan PMR Wira SMKN 3 Kota Padangsidimpuan Dirangkai dengan Donor Darah

 

Pengukuhan PMR Wira SMKN 3 Kota Padangsidimpuan Dirangkai dengan Donor Darah

Padangsidimpuan STT

       Kepala SMK Negeri 3 Kota Padangsidimpuan Sulaiman Saleh Harahap mengatakan Palang Merah Remaja atau disingkat PMR merupakan wadah pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI. Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan atau wawasan dan keterampilan tentang kepalang merahan, melatih kekompakan dan menumbuhkan jiwa sosial, serta mampu menerapkan ilmu kepalang merahan dalam kehidupan sehari-hari. PMR tingkat Wira merupakan salah satu organisasi ekstrakurikuler di SMK Negeri 3 Kota Padang Sidempuan yang bergerak dibidang kemanusiaan. Hal ini di sampaikannya Sulaiman pada upacara pengukuhan Pembina dan Anggota PMR di sekolah tersebut pada Rabu, (9/8/2023).

       Di jelaskannya, dalam kegiatan eksrakurikuler PMR disekolahini, bertujuan untuk menambah kualitas diri anak, sesuai dengan Tri Bakti Palang Merah Remaja (PMR).

  “ sebenarnya semua anak di sekolah ini adalah anggota PMR, yang harus menerapkan pola hidup sehat, menjaga kesehatan lingkungan, pandai dan memahami cara berteman sebaya, serta ikut melaksanakan aksi sosial sesuai Tri Bakti PMR. Sehingga, tidak hanya dalam akademik saja anak belajar, namun dalam bidang lain juga. Intuk itu saya berharap, anak anak yang baru dilantik menjadi pelopr kemanusiaan di sekolah ini”.ucapnya.

     Upacara pengukuhan PMR ini di ikuti perwakilan dari PMI Kota Padangsidimpuan, jajaran tenaga pendidik dan kependidikan, seluruh siswa kelas 10 dan 11, serta sejumlah mahasiswa yang sedang melakukan KKL di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Adapun pembina PMR yang dikukuhkan, sekaligus penerima pataka PMI, yakni Juli Damayanti, AmKeb yang juga membidangi UKS.

     Pengurus PMI Kota Padangsidimpuan, yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Penanggulangan
Bencana, Nasruddin Nasution dalam kata sambutannya antara lain mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan ini.

“mewakili PMI Kota Padangsidimpuan, kami sampaikan apresiasi kepada Kepala SMK Negeri 3 atas pengukuhan ini. Karena inilah pertama kali, di bentuk atau di kukuhkan keberadaan PMR di sekolah ini.  Harapannya, kedepan agar PMR SMK Negeri 3 dalam berbagai kegiatan, dapat bersanding dengan PMR sekolah lain yang sudah terbentuk lebih dahulu” sebutnya.

Ia juga menyebutkan, bahwa Kepalasekolah SMK Negeri 3 SulaimanSaleh bukanlah orang baru di Kepalangmerahan, begitu juga di Pramuka, besiknya di palang merah, sejak masih pelajar, yang kemudian jadi pengurus Pramuka.

       Usai upacara pengukuhan, kegiatan di lanjutkan dengan simulasi pertolongan yang di peragakan anak anak PMR. Orientasi kepalangmerahan kepada siswa, oleh Nasruddin Nasution dengan materi antara lain, gerakan kepalang merahan, lambang dan penggunaannya. Sementara itu jajaran guru dan pegawai sekolah ini melakukan kegiatan donor darah.(Anas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar