4 Mei 2014

DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN TAPANULI SELATAN- HARDIKNAS 2014



Peringatan Hardiknas di Tapsel di Rangkai dengan Pameran Kreatifitas Pelajar dan Gelar Buku


Tapsel  STT Blog
Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2014 dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dengan Upacara yang dipusatkan di Lapangan Pasar Sipirok Kecamatan Sipirok, dirangkai dengan Pameran kreatifitas pelajar dan pentas seni serta gelar buku. Upacara bendera peringatan Hardiknas tersebut di Pimpin langsung Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu, Jumat (2/5). Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Tapsel H.Rahmat Nasution, Unsur Muspida,Sekdakab Tapsel Ir.Aswin Nasution, Kepala Satuan Dinas dan Kantor, Camat dan Undangan lainnya.

Bupati Tapsel, H. Syahrul M Pasaribu membacakan pidato Mendikbud RI mengingatkan bahwa pendidikan bukan hanya untuk menyelesaikan atau menjawab persoalan-persoalan yang sifatnya sangat teknis dan bersifat kekinian semata. Lebih jauh dari itu, yaitu bahwa pendidikan pada hakikatnya adalah upaya memanusiakan manusia untuk membangun peradaban yang unggul. Tema yang dipilih pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2014 adalah "Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul."

 "Dalam dunia pendidikan, ada dua hal yang sangat mendasar. Yang pertama terkait dengan akses untuk mendapatkan layanan pendidikan, yang mana akses tersebut dipengaruhi oleh ketersediaan dan keterjangkauan," sebut H. Syahrul M Pasaribu.

Hal yang kedua adalah terkait dengan kualitas yang menurut Syahrul sangat dipengaruhi oleh ketersediaan dan kualitas guru, kurikulum, dan sarana pendidikan. Beberapa kebijakan dan program yang telah ditetapkan Kemdikbud dan pemerintah Tapsel  antara lain pendidikan dan pelatihan guru berkelanjutan, penerapan kurikulum 2013, dan rehabilitasi sekolah yang rusak.
"Saya juga ingin mengajak kepada para guru dan pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama menyukseskan implementasi Kurikulum 2013. Melalui Kurikulum 2013 ini, anak-anak kita akan memiliki kompetensi secara utuh yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan," ucapnya.

 Usai upacara dilaksanakan penyerahan Penghargaan kepada Kepala Sekolah dan Guru berprestasi, pelajar berprestasi, pengelola PAUD Terbaik dan Penyerahan Bantuan Buku untuk Kecamatan. Acara dilanjutkan dengan pembukaan dan peninjauan arena stand pameran yang di ikuti 10 kecamatan, stand khusus SMK serta stand gelar buku yang di sediakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tapsel dari tgl 2-4 Mei 2014.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tapsel, Drs.Mohd.Ikhsan Lubis MM mengatakan bahwa pameran kreatifitas pelajar Tapsel,Pentas seni dan gelar buku yang dilaksanakan dalam rangka Hardiknas thn 2014 berlangsung hingga tanggal 4 Mei. “ Rangkaian Peringatan Hardiknas ini di gelar selama 3 hari, selain itu kita buka stand pameran, pentas seni yang di isi penampilan dari pelajar PAUD,SD,SMP dan SMA/SMK, dan ada penilain serta penghargaan buat stand pameran. Khusus gelar buku kita kerja samakan dengan Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Tapsel sebagai upaya membangkitkan minat baca masyarakat ” terang Ikhsan.( Anas)

Berita ini dapat di baca pada HARIAN ORBIT, WASPADA, PERJUANGAN, BATAK POS BERSINAS, SKM SUARA MASA DAN SKM MITRA




 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar