24 Agustus 2012

Tapsel : Kondisi Jalan di Angkola Selatan


Jalan di Angkola Selatan  Tapsel menanti korban lagi
 
Tapsel, STT Blog
Puluhan kilo meter (km) jalan di Kecamatan Angkola Selatan Kab Tapanuli Selatan (Tapsel) hancur yang mengakibatkan arus lalu lintas  terhambat akibat kerusakan jalan di Kecamatan tersebut. Di wilayah itu, terdapat lubang-lubang besar yang menganga di berbagai tempat sehingga kendaraan terpaksa merayap melewatinya sementara sisi jalan tidak ada perawatan, rumput ilalang dan tanaman liar lainnya tumbuh subur di sepanjang jalan.
Pemantauan STT Blog, Kamis (23/8) menemukan kerusakan jalan mulai dari batas Kota P.Sidimpuan dengan Kec.Angkola Selatan mulai dari Desa Hanopan, Situmbaga hingga Somel, sepanjang 30 km. Kerusakan terparah mulai dari Batu Rosak dan yang terparah ada di Simaronop. Di sini bukan saja lapisan aspal jalan yang sudah terkelupas, tapi juga lapisan batu dan tanah di bawah aspalnya juga sudah tergerus sehingga membuat lubang-lubang besar menganga. Untuk melewati jalan yang rusak ini, kendaraan baik roda dua maupun roda empat terpaksa memperlambat laju kendaraannya hingga di bawah 40 km/jam. Di beberapa titik terdapat kubangan besar yang memungkinkan di buat kolam penetasan lele jumbo.
Sejumlah pengendara mengatakan, sejak tahun lalu, kondisi jalan ini sudah rusak, bahkan sudah banyak makan korban jiwa seperti bus dan truk yang terbalik. “Kalau saat musim hujan kondisinya lebih parah lagi, jalan sulit di lalui sehingga tidak jarang mobil atau truk yang terperosok masuk jurang. Padahal jalan ini di perbaiki belum ada dua tahun” ujar Muklis, sopir bus yang sering bolak-balik P.Sidimpuan-Palang.


Para pengguna jalan mengeluhkan kerusakan jalan ini karena selain memperlama waktu tempuh juga mempercepat keausan suku cadang kendaraan. M.Lubis warga Somel mengatakan “Kualitas perbaikan jalan yang dikerjakan sangat buruk. Pada kondisi seperti ini belum ada tanda tanda akan di lakukan perbaikan. Padahal jalan ini satu satunya akses terdekat menuju ibu kota pemerintahan Tapsel, apakah perbaikannya akan di lakukan setelah korban bertambah lagi ?” ujarnya. (Anas)

1 komentar:

  1. Sebenarnya banyak yang harus dibenahi di Angkola Selatan, mulai dari jalan, arus listrik , dan juga jaringan.
    tapi yang paling diutamakan jalan dibangun aja sudah syukur.
    Banyak SDA dari Angkola Selatan tapi pembangunan infrastruktur jalan minim.
    Semoga Pemerintah lebih memperhatikan lagi jalan yang ada di kecamatan Angkola Selatan.

    BalasHapus