4 Agustus 2012

Diknas P.Sidimpuan : Pesantren kilat SMA Negeri 3 Psp


 
Sanlat di SMA Negeri 3 P.Sidimpuan sebagai Pembentukan Citra Diri Remaja Muslim

P.Sidimpuan SST Blog
Pesantren kilat (Sanlat) merupakan kegiatan yang tepat untuk mengisi liburan di Bulan Suci Ramadhan. Melalui pesantren kilat anak akan menerima nilai-nilai keagamaan sebagai dasar pembentukan kepribadian dan moral yang tertanam dalam jiwa dan sanubari. Pada Sanlat ini juga dipelajari aspek-aspek kebersamaan, kepemimpinan, dan kemasyarakatan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Meningkatkan pemahaman anak-anak tentang Islam, Membentuk sikap, tingkah laku dan budi pekerti yang Islami. Demikian di sampaikan oleh Kepala SMA Negeri 3 Padangsidimpuan (Psp), Drs.Abdullah Sani Nasution kepada STT Blog pada penutupan pesantren kilat di sekolah tersebut, Sabtu (28/7) yang di dampingi Wakil kepala bidang kesiswaan Drs.Khoirunnas Batubara.
” Selama seminggu kegiatan pesantren kilat ini di isi dengan materi-materi yang membangun kesadaran siswa akan pentingnya kesadaran beribadah sampai memahami agama. Selain itu anak anak ini  kedepan memiliki keseimbangan pengetahuan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum, serta memiliki dasar keimanan yang kokoh dalam menjalani era globalisasi dengan segala dampak positif dan negatif yang dibawanya” papar Abdullah Sani.

Kegiatan sanlat di SMA Neg.3 Psp ini selalu di awali dengan Sholat Dhuha berjamaah yang kemudian di teruskan dengan agenda yang telah di persiapkan selama seminggu tersebut. Koordinator Sanlat, Jonri Achir,S.PdI menyebutkan bahwa berbagai bentuk kegiatan di laksanakan untuk lebih mempermudah pemahaman anak anak terhadap syariat Islam, tidak hanya melalui teori tapi praktek langsung.” kegiatan ini kita laksanakan Indoor maupun Outdoor, dengan materi pendidikan ramadhan, perlombaan, I'tiqaf dan muhasabah. Kegiatan muhasabah ini sangat penting dimana anak anak kita arahkan untuk mengenal diri serta merenungi keberadaan dirinya di tengah keluarga dan masyarakat ” ujarnya. 

Ditambahkannya bahwa point yang di harapkan melalaui sanlat ini yakni  membentuk pribadi yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. Optimalisasi potensi diri dan pembentukan citra diri anak dan remaja muslim.

Salah seorang peserta pesantren kilat, Halimah Nur saat dimintai komentarnya, mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan pesantren kilat ini. ''Saya telah banyak mendapatkan wawasan dari pembelajaran tentang agama di kegiatan pesantren kilat ini, disinilah baru pertama kali saya laksanakan sholat dhuda. Selain itu dengan mendalami makna agama betapa diri kita ini sangat kecil''sebut Halimah Nur. (Anas)
Berita ini dapat anda baca di Harian ORBIT, SUARA SUMUT dan Mingguan SUARA MASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar