4 Agustus 2012

Pilkada P.Sidimpuan dan Mutasi jajaran PNS


Mutasi PNS di P.Sidimpuan yang berbau aroma Pilkada

P.Sidimpuan STT Blog
Jelang akhir masa jabatannya yang tinggal beberapa bulan lagi, Walikota Padangsidimpuan (Psp) Drs.H.Zulkarnain Nasution MM masih melakukan rotasi dan mutasi jabatan PNS di lingkungan pemerintahannya. Sebanyak 70 orang PNS di lingkungan Pemko Psp Jumat (3/8) dilantik oleh Drs.H.Zulkarnain Nasution MM di Aula Kantor Walikota Psp sesuai SK Walikota Nomor 97/KPTS/2012 tentang pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian jabatan eselon III, IV dan V di lingkungan pemerintahan Kota Psp. Namun di yakini dalam waktu dekat akan terjadi lagi mutasi atau rotasi di jajaran pejabat Pemko Psp, mengingat suasana kota Psp yang akan menghadapi Pilkada.

Beberapa pejabat di eselon III yang mengalami rotasi diantaranya Miswardin, S,Sos yang sebelumnya Kabid SDM dan SIK pada Dinkes menjadi PJ Sekretaris Dinkes, Padangsidimpuan, Raja Indra Mulia, S,IP, Msi sebelumnya Kabid Badan PMK menjadi Pj. Sekretaris Badan PMK Padangsidimpuan,  Basrah Nasution, ST dilantik sebagai Sekretaris Bapeda, dan Rukiah Pulungan, SP menjadi Pj Kasi Pembina dan Saker pada Disosnaker. Sementara untuk eselon IV diantaranya Lurah Wek VI digantikan Muhammad Yunus yang sebelumnya dijabat Abdul Haris, SP, dan Lurah Lubuk Raya, Bahari Efendi, SH di pindahkan menjadi Lurah Wek I dan padaEselon V , Sri Ratna Rezeki dilantik menjadi KTU SMA Negeri 5 Psp yang sebelumnya di jabat Drs.Medi Gunawana Harahap.

Dalam kata sambutannya  Drs.H.Zulkarnain Nasution MM mengatakan mutasi atau pengangkatan pejabat merupakan bagian dari upaya penyegaran sekaligus memperkuat struktur serta manajemen pemerintah guna memacu kinerja dalam upaya mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.” Mtasi atau rotasi pejabat, adalah untuk mendorong peningkatan kinerja, menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam melaksanakan tugas tugas pemerintahan dan pelayanan publik” paparnya.

Dalam beberapa saat lagi diyakini akan terjadi mutasi dan rotasi di jajaran PNS yang ada di Kota Psp. Mutasi dan rotasi ini adalah acara ’terakhir’ bagi walikota yang jabatannya akan segera berakhir. Maka tidak salah kalau timbul istilah Torjak Pangabisan (Tendangan Terakhir-Red). Melihat kondisi saat ini yang dekat dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kuat dugaan yang ketiban nasib adalah pejabat eselon III dan IV.
Praktek seperti ini sudah diterapkan oleh Walikota Drs.H.Zulkanaen Nasution MM pada 5 tahun yang lalu dan berhasil efektif dalam mendudukkannya kembali sebagai walikota periode ke II.
Pada pilkada kota Psp yang akan di gelar 18 Oktober nanti, salah seorang calon adalah menantu Drs.H.Zulkarnain Nst. Maka menempatkan (halak kita) dalam  posisi yang berhubungan langsung dengan masyarakat adalah tujuan pemenangan salah satu calon walikota, bukan pelayanan prima bagi masyarakat. Aroma dari mutasi yang akan dilakukan walikota saat ini lebih dekat pada pembangunan Dinasty birokrasi di kota P.Sidimpuan.
Kemudian fakta di lapangan telah terlihat beberapa PNS yang terlibat langsung pada acara sosialisasi sang calon walikota yang nota bene menantu walikota saat ini. Bahkan pada beberapa kegiatan inventaris milik pemko Psp di pergunakan untuk kegiatan sosialisasi salah satu calon walikota Psp. (Anas)

Berita ini dapat di baca pada koran Harian ORBIT, SUARA SUMUT dan Mingguan SUARA MASA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar