10 Maret 2012

PMD Padangsidimpuan : Tim Supervisi Desa Percontohan 10 programPKK dan Desa Binaan PTP2WKSS Sumut kunjungi Kota P.Sidimpuan.



Kepala Kantor PMD Kota Padangsidimpuan (Psp) Drs. Khairul Alamsyah Lubis Asisten III Pemko Psp, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Ny.Sutiyas Handayani Gatot Pujo Nugroho (tengah) bersama tim Supervisi P2WKSS saat kunjungan di Kota Psp Kamis (08/3) Poto : Anas

 
P.Sidimpuan ST
Kepala Kantor Pemberdayaan Masyarakat Daerah Kota Padangsidimpuan (Psp) Fahri Siregar S.Sos mengatakan, salah satu upaya Pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan dalam pembangunan adalah dengan program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera ( P2WKSS ) yang dilandasi semangat kebersamaan dan keberpihakan kepada keluarga kurang mampu.  Untuk  mewujudkan terbentuknya keluarga sejahtera ada 3 hal yang harus diperhatikan diantaranya Pendidikan, Kesehatan dan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga.  Demikian di sampaikannya pada acara kunjungan  Tim Supervisi PT.P2WKSS dan PKK Sumatra Utara (Sumut) di  Aula MAN 2 P.Sidimpuan Kamis (08/03). Dihadapan rombongan Tim Supervisi yang di pimpin oleh  Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Ny.Sutiyas Handayani Gatot Pujo Nugroho bersama tim Supervisi, Fahri Siregar S.Sos memaparkan bahwa pada saat ini ada dua desa binaan yang di ikutkan dalam penilaian yakni Desa Salambue di Kec.Psp Tenggara dan Joring Lombang Kec. Psp Angkola Julu.Hadir Kepala Asisten III Pemko Psp Drs.Khairul Alamsyah Lbs. Kapedalda, Dinkes, KB, Hj.Herlina Fahri mewakili ketua Penggerak PKK Psp, Tim Penggerak PKK Kota Psp, Camat Sekota Psp beserta Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kota Psp, Lurah, Kepala Desa, LPM, BPD dan undangan lainnya.
Dalam kata sambutan Walikota  yang di sampaikan Drs. Khairul Alamsyah Lubis Asisten III Pemko P.Sidimpuan Mengatakan “ Melalui kegiatan Supervisi ini Saya berharap kita mendapat manfaat atau masukan dalam rangka mencapai tujuan program yaitu terwujudnya dan berkembangnya keluarga sehat, sejahtera dan bahagia termasuk pembinaan anak dan remaja melalui peningkatan kedudukan, peranan, kemampuan, kemandirian serta ketahanan mental dan spriritual wanita, dengan pendekatan lintas sektoral, dalam rangka pembangunan masyarakat.
Acara di isi dengan dialog serta simulasi lainnya dimana pada sesi ini tim Supervisi dari Provsu lebih jauh menguji wawasan pengurus PKK yang hadir tentang hal2 yang menyangkut kegiatan PKK. Kemudian di jelaskan pula mekanisme dan jenjang dari perlombaan atau penilaian mulai dari tingkat desa hingga tingkat nasional, diantaranya  Lomba tertib administrasi, pencegahan KDRT, Kelompok  Usaha Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (UP2K), lomba pemamfaatan halaman / Pekarangan , Lomba Tanaman Obat Keluarga (TOGA).
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Ny.Sutiyas Handayani Gatot Pujo Nugroho pada kata sambutannya mengatakan antara lain “program P2WKSS dan 10 Program Pokok PKK adalah program terpadu mulai dari sosial, pendidikan, kesehatan. PKK harus digarap melalui APBD kemudian diajukan ke Dinas Sosial sampai ke tingkat Provinsi. Sehingga keterpaduan di semua sektor dan semua lintas program dapat berjalan dengan baik, diharapkan daerah mempunyai perda tentang kegiatan P2WKSS dan  10 Program Pokok PKK “ paparnya. (Anas)




1 komentar: