16 Maret 2020

Babinsa Koramil 02 dan warga Batang Bahal Perbaiki Saluran Air yang Ambruk disapu Banjir


P.Sidimpuan STT___

Dampak dari banjir bandang yang terjadi pada 31 Januari 2020 yang lalu, membuat warga Desa Batang Bahal dan Dusun Pakkal Dolok Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan kesulitan sumber air. Pasalnya Bendungan yang ada di Desa Batang Batal serta bak penampungan air rusak parah akibat banjir yang terjadi saat itu.  
Kepala Desa Batang Bahal, Syarifuddin Siregar kepada awak media ini mengatakan bahwa bendungan yang rusak tersebut mengakibatkan sawah warga tidak dapat di tanami serta masyarakat yang selama ini memanfaatkan aliran air dari bendungan tersebut untuk berbagai aktifitas mengalami kesulitan.

Kini saluran air tersebut kini telah dapat di fungsikan kembali setelah dilakukan perbaikan secara gotong royong oleh masyarakat sekitar beserta anggota TNI dari Koramil 02 Kota Padangsidimpuan pada Jumat 28/2/2020 yang lalu. Serma Darwanto, Sertu Ridwan Sihombing, Serka Yudadif memandu masyarakat Batang Bahal dan Dusun Pakkal Dolok memperbaiki saluran air serta memasang pipa air ke bak penampungan, setelah hampir satu bulan air tidak dapat di alirkan.


“ selama ini aliran dari bendungan ini untuk keperluan pengairan di sawah dan kolam ikan warga, begitu juga untuk keperluan lain yang menyangkut aktifitas sehari hari warga. Saat bendungan tersebut rusak, warga jadi kesulitan mendapatkan sumber air” ucap Syarifuddin Siregar.

Ia juga menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu, mereka  telah berupaya secara swakelola untuk memperbaiki bendungan tersebut. Namun karena keterbatasan sarana dan kerusakan bendungan yang cukup parah, mereka tidak berhasil mengalirkan air sesuai kebutuhan warga.

Selaku kepala desa, Syarifuddin Siregar   mewakili masyarakat Batang Bahal   mengucapkan terimakasih kepada anggota TNI atau Babinsa dari Koramil 02 Kota Padangsidimpuan yang telah menggerakkan warga untuk bahu membahu memperbaiki sarana yang sangat penting ini.  

Sementara itu S. Harahap salah seorang petani sawah Dusun Pakkal Dolok mengatakan bahwa ia merasa gembira karena air sudah bisa masuk ke lahannya yang ikut kena dampak banjir. Karena kondisinya belum seperti semula, Ia berharap agar Pemerintah Kota Padangsidimpuan segera memperbaiki bendungan utama dan drainasenya. Mengingat kebutuhan air untuk persawahan dan kolam  ikan warga sangat besar.(Anas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar