14 Juni 2015

Pramuka Padangsidimpuan "Tingkatkan Kualitas Kepramukaan, Kwarcab P.Sidimpuan Gelar Gladian Pinsa dan Pinru"

Meski Anggaran Belum Cair, Kegitan Pramuka Mesti Terlaksana

P.Sidimpuan  STT Blog
 Acara gladian Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Pimpinan Regu (Pinru)  adalah suatu orientasi kepramukaan dasar yang diadakan oleh segenap Pramuka, yang  bertujuan untuk memberikan latihan praktik secara praktis kepada para Pemimpin Regu dan Sangga  sebagai  bekal dalam mengelola dan memimpin serta membina kerja sama yang baik di dalam pasukan dan sangganya masing-masing. Demikian di sampaikan Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Padangsidimpuan, Ibnu Hajar. M.Pd ketika membuka acara Gladian Pinsa dan Pinru di Aula Perguruan Nurul Ilmi Padangsidimpuan, Sabtu (13/6).

Kegiatan Gladian Pinsa dan Pinru ini di ikuti sekitar 400 orang peserta dari sekolah tingkat  SD, SMP, SMA/SMK kota Padangsidimpuan yang akan berlangsung selama 5 hari. Adapun materi yang akan di berikan kepada peserta meliputi skill dasar kepramukaan seperti  Upacara, Dinamika Kelompok, Baris-berbaris, Morse, Semaphore, Perkemahan, P3K, Out Bond dan kegiatan tehnik dan keterampilan kepramukaan lainnya.
 Ibnu Hajar  meminta  para peserta dapat lebih menghayati dan mengamalkan Trisatya dan Darma Pramuka serta dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. “Pramuka harus dapat menjadi contoh ditengah-tengah masyarakat, memiliki sifat rendah hati, tidak sombong, kesederhanaan kepribadian sebagai anggota Pramuka menjadi cermin kepribadian yang berdedikasi tinggi dan suka menolong”, kata Ibnu.

Sementara itu Pengurus Kwarcab Pramuka Kota Padangsidimpuan Andalan Bidang Humas, Nasruddin Nasution ketika di konfirmasi mengenai anggaran Pramuka Padangsidimpuan tahun 2015 mengatakan bahwa hingga saat ini anggaran tersebut belum cair. Dikatakannya bahwa Kwarcab telah mengajukan pencairan anggaran tersebut sekitar dua bulan yang lalu, namun hasilnya masih Nihil. “ Pada bulan April yang lalu kita sudah mengajukan realisasi anggaran Pramuka yang di tampung di APBD Kota Padangsidimpuan, namun hingga saat ini belum juga cair padahal kita telah mengikuti berbagai agenda kegiatan seperti PW ke Kabupaten Asahan, Persami Pramuka dengan Kodam I Bukit Barisan di Medan dan berbagai kegiatan Pemerintah Kota Padangsidimpuan lainnya.” Ujarnya.

Nasruddin Nasution mengatakan bahwa untuk menutupi kebutuhan biaya kegitan tersebut adalah dengan meminta bantuan terhadap kepala sekolah dan orang tua murid yang mengikuti kegitan. Ia juga menjelaskan bahwa anggaran Pramuka Kota Padangsidimpuan termasuk yang terkecil di Sumatera Utara.(Anas) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar