23 Maret 2014

Kota P.Sidimpuan - PDAM Tirta Ayumi P.Sidimpuan

Potensi Dan Kwalitas Air Sangat layak di kembangkan PDAM Tirta Ayumi P.Sidimpuan 

P.Sidimpuan STT Blog
POTENSI air yang melimpah bisa dimiliki Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Ayumi P.Sidimpuan, hal ini sangat  menjanjikan untuk dikembangkan demi penambahan jumlah pelanggan serta ketersediaan air bersih di kota P.Sidimpuan . Hal itu dibuktikan dengan sumber air yang dimiliki perusahaan milik daerah Pemko P.Sidimpuan yang berada di dua lokasi yakni di desa Simatohir, Kecamatan P.Sidimpuan Batunadua dan Desa Labuan Rasoki, Kecamatan P.Sidimpuan Tenggara, P.Sidimpuan yang tinggal dikelola PDAM Tirta Ayumi. Kedua sumber pemasuk utama air bersih PDAM ini debitnya masih tinggi, Tak hanya airnya melimpah, kwalitasnya juga cukup bagus.

 Fakta inilah yang diutarakan Ir Fery Boyke AS, MM, Konsultan Perpamsi (Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia)  didampingi H.Husni Thamrin Nasution, ST, Direktur PDAM Tirta Ayumi P.Sidimpuan dan Saeful Bahri, Kepala Bagian Humas Dan Arsip Sekretariat Daerah Kota P.Sidimpuan kepada sejumlah media di kantor PDAM Tirta Ayumi, Jalan Cendana Raya, Gang Cendana I-Nomor 8, Batunadua, P.Sidimpuan, Jum'at (21/3).
Ir Fery Boyke sengaja didatangkan PDAM Tirta Ayumi P.Sidimpuan untuk memberikan pembekalan kepada karyawan PDAM Tirta Ayumi sekaligus meninjau sumber air yang dimiliki perusahaan daerah ini.
 "Prospek PDAM Tirta Ayumi untuk berkembang ke depan terbuka lebar karena didukung potensi air yang melimpah dan kwalitasnya cukup bagus. Tinggal bagaimana mengelola dan memaksimalkannya supaya membawa keberuntungan bagi perusahaan," tuturnya dengan santun. Supaya harapan itu terwujud sambung dia, pihak perusahaan harus menyiapkan sarana dan fasilitas yang dibutuhkan tentu dengan dukungan dana yang memadai. Terkait dukungan dana untuk mengembangkan PDAM Tirta Ayumi dirinya bersedia menyusun buku induk, study kelayakan, business plant dan detail enginering desain (DED) perusahaan untuk dibawa ke pemerintah atasan provinsi Sumut dan pusat guna mendapatkan bantuan dana.

 Direktur PDAM Tirta Ayumi P.Sidimpuan H.Husni Thamrin Nasution, ST mengakui terus terang, selama ini memang PDAM Tirta Ayumi kesulitan untuk mengembangkan potensi perusahaan karena keterbatasan dana dan peralatan yang dimiliki. "Kita kewalahan memperluas jaringan sambungan pipa ke pelanggan karena keterbatasan dana, Namun pada tahun 2014 ini ada harapan untuk mendapatkan bantuan dana sekira Rp 2,6 M dari APBN lewat pemerintah Provinsi Sumut," ujarnya.

 Rencananya kata Husni Thamrin dana sebesar itu akan diperuntukkan untuk membangun dua bak reserpoar di lokasi sumber air Simatohir untuk menambah kapasitas daya tampung dan meningkatkan kwalitas air. "Apabila itu terwujud kita akan menambah pelanggan baru dari 1,028 pelanggan menjadi sekira 2.000 pelanggan," paparnya
Husni Thamrin mengakui perusahaan yang dipimpinnya sejak sebulan silam itu belum bisa dikatakan perusahaan sehat apabila jumlah pelanggannya masih berada pada kisaran 2.000 pelanggan. "Minimal kita harus memiliki 3.000 pelanggan supaya perusahaan digolongkan sehat," sebutnya. Pada kesempatan itu Walikota P.Sidimpuan, melalui Kabag Humas Dan Arsip Setda Kota P.Sidimpuan mendukung upaya dan langkah PDAM Tirta Ayumi untuk menjadikan perusahaan daerah itu maju dan bekembang sehingga bisa mendatangkan PAD Pemko P.Sidimpuan. "Pemko memberikan otoritas penuh kepada Direktur PDAM Tirta Ayumi untuk mengambil langkah-langkah percepatan pengembangan perusahaan sehingga tidak lagi rugi," katanya. (Anas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar