25 November 2016

SMA dan SMK Tapsel Pamerkan Keterampilan Siswa

Tapsel STT_______ (Rabu 23 November 2016)_____
Pameran pembangunan yang digelar dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke 66 Pemkab Tapanuli Selatan tahun 2016 berlokasi di Alaman Bolak Alun-alun eks pasar atas Kecamatan Sipirok selama 4 hari (20-23/11) selain di ikuti SKPD Tapsel, BUMD, perusahaan swasta, juga di ikuti 2 SMA dan 2 SMK yakni SMA Negeri 1 Batang Angkola dan SMA Negeri 2 Plus Sipirok, SMK Negeri 1 Batang Angkola dan SMK Negeri 1 Sipirok._____ Stand SMA Negeri 1 Batang Angkola yang menampilkan kreatifitas dan hasta karya siswa mendapat respon positif dari pengunjung, khususnya bidang seni lukis.______ Kepala sekolah SMAN 1 Batang Angkola Drs Taufik Hidayat dilokasi pameran, Selasa (22/11) kepada awak media menuturkan bahwa hasil karya siswa-siswi berupa lukisan flora dan fauna, kerajinan tangan untuk hiasan seperti mainan kunci dan pita rambut. “selain itu ada miniatur rumah adat Tapsel yang terbuat dari bahan kulit batang pisang dan kulit buah salak yang di tata dengan begitu apik. Begitu juga mainan anak kunci dari biji salak turut kita tampilkan, yang kualitasnya layak untuk souvenir” paparnya.
Ditambahkan Taufik bahwa hasil kreatifitas siswa tersebut suatu karya yang dibuat pada saat belajar ekstrakulikuler sekolah. Karena para siswa-siswi kita beri kebebasan untuk mengekspresikan hobinya, apakah bidang olahraga, seni dan teknologi. Semua dikerjakan dalam ruang lingkup sekolah dan diawasi para guru yang berkompeten dibidangnya, papar Taufik.____ Sementara itu hal yang mirip juga di tampilkan SMA Negeri 2 Plus Sipirok, dimana kreasi mereka lebih menonjol kepada hasta karya tradisional warga sipirok yakni dengan bahan dasar manik manik. Hasta karya SMA Negeri 2 plus Sipirok berupa Kotak tempat tisu dengan ornamen Tapsel memiliki kualitas yang bagus. Mereka juga menampilkan aktifitas di sekolah yang di pimpin Khairul Faiz Nasution,M.Si dalam bentuk audio vidio._____ SMK Negeri 1 Sipirok dan SMK Negeri 1 Batang Angkola berada dalam satu Stand dimana SMK Negeri 1 Sipirok yang di pimpin Adenan Harahap lebih mengetengahkan keterampilan siswa dalam desain pakaian dan hasil kreasi busana jahitan siswa dengan berbagai mode. Mereka juga memajang berbagai mode busana yang di padu dengan bahan tenunan tradisional Sipirok. Kualitasnya cukup bagus dan sangat layak untuk dipakai pada berbagai moment. Tinggal bagai mana masyarakat atau instansi pemerintahan di Tapsel memanfaatkan keterampilan yang di miliki pelajar tersebut._____
SMK Negeri 1 Batang Angkola memajang Kreatifitas siswanya dalam bidang mesin ringan seperti mobil gokart rakitan, Tehnik Pengolahan Logam dalam bentuk bubut dan Las serta bidang IT jaringan internet. Kepala SMK Negeri 1 Batang Angkola Afifuddin Lubis yang pernah membawa SMK Negeri 1 Kota Padangsidimpuan menjadi SMK Rujukan, mengatakan bahwa ia dan jajaran tenaga pendidik di SMK Negeri 1 Batang Angkola mempunyai Misi agar SMK Negeri 1 Batang Angkola menjadi sekolah tujuan bagi yang ingin belajar dan punya keterampilan yang di butuhkan pasar. Saat ini keterampilan siswa di bidang mesin ringan dan las sudah sejajar dengan perusahaan lokal. Sembari berjalan sekolah SMK Negeri 1 Batang Angkola mulai merambah pada keterampilan Digital melalui jurusan Tehnik Komputer dan Jaringan.______ Pada bahagian lain di katakannya, kemampuan anak didik sekolah tersebut sudah sejajar dengan perbengkelan lain. Bila pihak pengusaha dan pemerintah mempercayakan sekolah tersebut membuat pagar atau jerajak kantor serta jenis lain, mereka mampu mengerjakannya dengan kualitas yang bersaing. (ANAS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar