28 September 2013

IBI TAPSEL RAYAKAN HUT KE 62 TAHUN 2013

Bupati H.Syahrul M Pasaribu “ Bidan merupakan Ujung Tombak Pembangunan Kesehatan di Tapsel”

P.Sidimpuan STT Blogg
Ikatan Bidang Indonesia (IBI) Cabang kabupaten Tapanuli Selatan menggelar acara Hari Ulang Tahun (HUT)  yang ke 62 di Aula MAN 2 Padangsidimpuan pada Kamis,(12/9).  HUT IBI ke 62 ini bertemakan "Dunia Membutuhkan  Bidan Sekarang dan Selamanya."

Ketua Panitia Ratnawati S.Sos  bersama Sekretaris  Mas Sri Wahyuni, SKM mengatakan bahwa peserta yang hadir saat ini sebanyak 521 anggota IBI yang ada di Tapanuli Selatan. “ Anggota IBI yang hadir pada acara ini sebanyak 512 baik dari Bidan PNS maupun Bidan PTT yang bertugas di Tapanuli Selatan. Hari ini merupakan puncak acara dari rangkaian kegiatan yang telah kita laksanakan sebelumnya” ujar Ratnawati.

Selain di hadiri anggota IBI Tapsel, hadir pada kesempatan tersebut Bupati Tapsel H.Syahrul M Pasaribu, Kepala Dinas Kesehatanan Tapsel, dr.Ali Sahbana Siregar,Sp. THT, Ketua PD IBI Sumatera Utara Idan Ginting,SST.M.Kes, Ketua IBI Cabang Kota Padangsidimpuan, Cabang Kabupaten Mandailing Natal, Tim Penggerak PKK Tapsel, Kakan P3AKB Tapsel, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Tapsel, sesepuh IBI Tapanuli Selatan dan Padangsidimpuan serta undangan lainnya.

Ketua IBI Cabang Tapsel Hj.Mawarni Harahap,SKM. Dalam laporannya mengatakan bahwa rangkaian HUT IBI ke 62 tahun 2013 telah dilaksanakan kegiatan berupa Pemasangan alat KB Gratis pada 16 Puskesmas yang terdapat di 14 Kecamatan di Tapsel. Pengobatan Gratis bagi Lansia dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi Balita dan Lansia. Lebih Jauh di sampaikan Hj.Mawarni Harahap,SKM “ Selain kegiatan bakti sosial, kita juga membuat lomba yang sifatnya peningkatan kualitas pengetahuan dan percepatan program untuk pelayanan prima terhadap masyarakat. Pada saat ini di berikan penghargaan bagi Bidan berprestasi antara lain dalam Percepatan Pencapaian program MDG’S dan Bidan Berprestasi di Desa” papar Hj.Mawarni.
Ditambahkannya bahwa kegiatan ini sebagai wujud bakti IBI Cabang Tapanuli Selatan kepada masyarakat, Kami senantiasa siap sedia untuk mendukung program pemerintah. Dimana ada pelayanan KB, disitu pula bidan hadir.

Bupati Tapsel H.Syahrul M Pasaribu pada sambutannya mengatakan keberadaan bidan PNS maupun bidan PTT di Tapsel agar mengambil peran dalam percepatan pembangunan di daerah ini khususnya bidang kesehatan. “ kepada seluruh bidan yang bertugas di Tapsel harus mengambil peranan dalam percepatan pembangunan di Tapsel, karena propesi ini sangat di butuhkan masyarakat dan profesi ini adalah profesi yang sangat mulia “ ujar Syahrul.

Bupati Tapsel juga berpesan agar para Bidan menjaga persatuan dan kekompakan dalam menjalankan profesinya sehari-hari. Selain itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada para bidan yang telah mendukung program pemerintah seperti Jaminan Persalinan (Jampersal), Keluarga Berencana (KB) dan program lain. Hal tersebut karena Bidan adalah ujung tombak terdepan dalam bidang kesehatan di Tapsel.

Pada kesempatan tersebut di serahkan penghargaan terhadap bidan berprestasi diantaranya Bidan Tumbur dari Puskesmas Danau Marsabut Kecamatan Sipirok sebagai Teladan Teladan II (dua) se Sumatera Utara, Bidan Dwita Sari Marpaung dari Desa Sorogodung, Garoga Puskesmas Danau Marsabut Kecamatan Sipirok sebagai Teladan I (pertama) se Tapanuli Selatan.

Usai acara Ceremonial HUT IBI ke 62 dilanjutkan dengan acara seminar. Dr.Anton Barus,SpPd.Finasim dalam makalahnya memaparkan mengenai hubungan kehamilan dengan penyakit Diabetes Mellitus (DM), sementara Ketua PD IBI Sumatera Utara Idan Ginting,SST.M.Kes, dalam makalahnya yang berjudul Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif membeberkan peran ASI bagi perkembangan bayi.(Anas)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar