27 September 2013

Badan Ketahanan Pangan Kota P.Sidimpuan Panen Lagi

Bibit Lokal Produksi Gapoktan Kota P.Sidimpuan berhasil panen  8.9 ton/ Ha Padi dengan Pola Tanam Jajar Legowo 

P.Sidimpuan STT Blogg

Pemerintah Kota P.Sidimpuan yang di wakili Wakil Walikota P.Sidimpuan M.Isnandar Nasution,SE secara simbolis melakukan panen perdana Demonstrasi Farming (Demfarm) padi dengan sistim Jajar Legowo 4:1 pada Kamis (26/9) di Siharang Karang Kelurahan Lembah Lubuk Raya Kecamatan Psp Hutaimbaru  P.Sidimpuan. Sistim tanam jajar legowo 4:1 yang di terapkan pada lahan persawahan dari Kelompok Tani Satahi Saoloan  ini memakai benih Varitas Invari 10. Mulai di tanam sejak tanggal 28 Juni 2013 yang lalu pada lahan leluas 1,5 Ha. Hasil yang di capai pada panen ini sebanyak 8.9 ton/Ha dengan  rincian rata rata 96 butir per alai dan 23 batang anakan perrumpun. Varitas Invari 10 yang dipanen saat ini di peruntukkan sebagai pengadaan bibit. Benih atau bibit awal yang di pakai hasil produksi Gabungan kelompok Tani (Gapoktan) Agro Prima Kelurahan Lubuk Raya yang telah memiliki Sertifikat dari Badan Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi sumatera Utara .

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kota P.Sidimpuan H.M.Soleh Nasution,Sp  mengatakan bahwa program tanam jajar legowo di Kota P.Sidimpuan telah di terapkan di berbagai tempat di wilayah pemko P.Sidimpuan seperti di Desa Gunung Hasahatan, Desa Purwodadi ,Desa Pudun Jae Kec.Batu Nadua, Desa Pijor Koling dan Desa Manunggang Kec.Psp Tenggara.

Disebutkannya “ Pada hari ini kami sangat berbahagia sekali, karena upaya dan kerja keras petani dengan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) telah membuahkan hasil yang baik. Panen yang mencapai 8,9 ton / Ha  ini patut di beri apresiasi dan menjadi motifasi bagi petani dan PPL lainnya.  Sehingga kesejahteraan petani di Kota P.Sidimpuan semakin meningkat. Terutama Bibit yang di pakai hasil produksi Gabungan kelompok Tani (Gapoktan) Agro Prima Kelurahan Lubuk Raya yang telah memiliki Sertifikat dari Badan Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi sumatera Utara  “

Lebih jauh di sampaikan H.M.Soleh Nasution,Sp  Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah program Badan Ketahanan Pangan Kota P.Sidimpuan yang menerapkan bibit hasil produksi Lokal yang telah memiliki Sertifikat dari Badan Pengawasan dan Sertifikasi Benih Provinsi Sumatera Utara. Tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kelembagaan serta posisi tawar petani. Ia juga menjelaskan manfaat sistem tanam jajar legowo sangat banyak diantaranya memperbaiki kualitas gabah dengan semakin banyaknya tanaman pinggir, Mengurangi serangan penyakit atau  tingkat serangan hama, serta untuk memudahkan tanam ulang setelah selesai masa panen . Lebih dari pada itu meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan petani.

Wakil Walikota P.Sidimpuan M.Isnandar Nasution,SE dalam sambutannya mengatakan  “ Pemerintah Pemko P.Sidimpuan  mengucapkan terima kasih kepada Kepala Badan Ketahan Pangan dan seluruh PPLnya atas keberhasilan yang di capai saat ini. Panen perdana Denfarm dengan hasil mendekati 9 ton/Ha merupakan suatu keberhasilan yang patut di beri penghargaan bagi petani di kota ini, terutama benih yang di tanam merupakan produksi local. Atas nama Pemerintah Kota P.Sidimpuan di ucapkan penghargaan yang setinggi tingginya kepada PPL yang bertugas tanpa memandang waktu dan tempat” sebut Isnandar.
Wakil Walikota  juga meminta kepada seluruh PPL dapat mendorong petani agar  meningkatkan hasil pertaniannya. Peran PPL sangat besar dalam mendampingi serta menjadi fasilitator bagi pemangku kepentingan antara petani, pemerintah dan penyedia kebutuhan pertanian seperti pupuk dan alat pertanian lainnya.

Hadir pada acara tersebut Asisten I, AR. Marjoni, Asisten II, DR.Ali Pada Harahap, Staf Ahli Mara Muda Nst,Kepala Badan Pusat Statistik P.Sidimpuan, Camat Psp Hutaimbaru Fakhruddin Siregar MM, PKK, Lurah dan Kepala Desa se Kec.Psp Hutaimbaru, Kelompok Tani serta tokoh masyarakat lainnya. Usai dilakukan panen secara simbolis, Wakil Walikota dan rombongan melakukan kunjungan ke rumah Kompos dan lahan pertanian, peternakan Gapoktan Agro Prima Hutaimbaru. (Anas)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar