11 Maret 2024

Marpangir " Sambut Ramadhan Acara Marpangir sekaligus ajang Rekreasi keluarga "

 

Sambut Ramadhan Acara Marpangir sekaligus ajang Rekreasi keluarga

P.Sidimpuan STT

Menjelang bulan Ramadhan, masyarakat di Tapanuli Bagian Selatan yakni Kota Padangsidimpuan,
Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Padang Lawas Utara dan Padang Lawas pada umumnya melaksanakan tradisi unik yaitu mandi pangir, atau sering disebut marpangir. Kegiatan marpangir dilakukan satu hari sebelum bulan Ramadhan.

Tidak heran jika acara marpangir telah membudaya hingga saat ini, dimana umumnya sungai dan objek wisata sungai menjadi sasaran bagi mereka yang melaksanakan mandi mandi atau marpangir tersebut.

Sahrin Harahap warga Kelurahan Timbangan Kecamatan Padangsidimpuan utara yang membawa keluarga marpangir di sungai (Aek) Rukkare Padangsidimpuan Utara, Senin (11/3/2024) mengatakan bahwa marpangir jelang bulan ramadhan sudah kebiasaan bagi keluarganya.

” ini kesempatan bagi saya berekreasi atau piknik dengan keluarga, di tempat ini saya dan tiga orang anak bisa makan dan mandi bersama. Kesempatan yang hanya sekali dalam setahun ini saya coba manfaatkan untuk membahagiakan anak, karena tidak setiap saat saya bisa berkumpul dengan mereka” ucap pria yang berprofesi supir travel ini.

Sahrin juga mengatakan terkait marpangis mereka tidak membawa ramuan atau wewangian bahan tradisi marpangir, yang di bawa selain keperluan makan juga kelengkapan mandi seperti sabun dan shampo.

Sementara itu Kadir Siregar warga Kp. Marancar yang datang di tempat yang sama mengatakan hal senada. ” ini acara makan makan dengan keluarga. Kami kesini tidak membawa ramuan pangir, karena niat kami murni untuk rekreasi keluarga” ucapnya. Kondisi cuaca yang gerimis tidak menyurutkan niat ratusan warga memadati pinggiran Aek Rukkare untuk marpangir sekaligus acara makan makan menjelang bulan Ramadhan tahun 1445 H ini.

Pelaksanaan marpangir merupakan acara rekreasi keluarga. Mereka yang datang kelokasi marpangir lebih cendrung tuk menikmati alam, untuk mandi dan makan bersama karena pada umumnya masing masing telah membawa makanan kelokasi marpangir tersebut. Tidak saja orang tua yang melakukan kegiatan ini, tetapi anak-anak pun turut meramaikan tradisi ini. Secara umum masyarakat yang mandi marpangir memakai sabun atau shampo, bukan lagi memakai ramuan dari wewangian tanaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar