27 Agustus 2023

Mangarahon Siregar Kembali Jadi Kades Rimba Soping Angkola Julu

Terpilih Kembali Sebagai Kades Rimba Soping, Mangarahon sebut Bekerja untuk Kemaslahatan Masyarakat.

P.Sidimpuan STT

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di yang di laksanakan pada 42 desa pada 4 kecamatan di Kota Padangsidimpuan, telah selesai dilaksanakan pada Kamis (24/8/2023). Dari gelaran Pilkades itu, muncul nama-nama baru maupun petahana yang masih dipercaya memimpin desanya. Dari sejumlah nama petahana, salah satunya Mangarahon Siregar atau yang biasa akrab di sapa Ian, maju kembali sebagai calon kepala desa Rimba Soping Kecamatan Angkola Julu Kota Padangsidimpuan. Mangarahon kembali dipercaya oleh masyarakat desanya usai memperoleh 589 suara, sementara kedua lawannya memperoleh total 400 suara.

Perjalanan Mangarahon dalam melanjutkan posisinya sebagai kepala desa untuk priode kedua bukan langkah yang mudah. Salah satu kompetitornya, Ali Mangsur Harahap adalah lawan yang di kalahkannya pada pemilihan Kepala Desa Rimba Soping pada priode yang lalu. Ali Mangsur Harahap yang pernah menjabat sebagai kepala desa Rimba Soping harus menerima kenyataan telah dua kali gagal bersaing dengan Mangarahon Siregar.

Pilkades Rimba Soping menjadi pusat perhatian di Kecamatan Angkola Julu, hal ini di sebabkan perkompetisian yang ketat, juga jumlah warga yang memiliki hak pilih tergolong banyak, sehingga banyak kepentingan berbagai pihak khususnya menjelang pemilihan legislatif dan Pilkada. Dalam pelaksanaan pilkades Rimba Soping terdapat 3 TPS yang penempatannya di tengah lapangan bola desa tersebut, dimana posisi lapangan itu berdekatan dengan jalan lintas provinsi, sehingga akses mudah,  mampu menampung kerumunan warga dan lalulintas berjalan lancar.

Usai perhitungan suara, panitia penyelenggara melalui ketua panitia Muhammad Ali Siregar dan Sekretaris Nova Suryani Pasaribu mengumumkan pemenangnya Mangarahon Siregar, yang kemudian di sambut luapan gembira para pendukungnya serta ucapan selamat dari pendukung yang belum berhasil. Suasana riuh dan ramai tanpa protes, menggambarkan kedewasaan masyarakat desa Rimba Soping dalam berdemokrasi dan patut di contoh.

Pada kesempatan tersebut Mangarahon mengatakan, kemenangan yang diraih merupakan kemenangan masyarakat Rimba Soping. Karena jika masyarakat tidak menyalurkan hak suaranya mustahil akan ada Kades terpilih.   “Terima kasih saya ucapkan bagi seluruh masyarakat Rimba Soping, dan terkhusus bagi masyarakat yeng telah mendukung saya. Tanpa dukungan masyarakat saya tidak bisa berbuat apa-apa, untuk itu saya mohon kepada seluruh masyarakat desa Rimba Soping agar berkenan mendukung program kerja saya demi kemaslahatan orang banyak,” harapnya.

"Saya hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat semoga saya bisa menjalankan tugas dengan amanah," tandas dia.  Selang beberapa waktu kemudian, Mangarahon diarak menuju kediamannya dan di upa-upa oleh keluarga. Acara upa upa ini adalah tradisi leluhur atau kearifan lokal sebagai bentuk dan wujud rasa syukur atas keberhasilan dalam suatu perjuangan. (Anas)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar