10 Oktober 2019

Kota Padangsidimpuan Raih 3 penghargaan di HPS dan HKP Tingkat Sumut Tahun 2019

STT_______Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi membuka acara peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 dan Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 Tingkat Propinsi Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (9/10)
Dalam sambutannya Gubsu Edy Rahmayadi antara lain mengatakan  agar peringatan HPS dan HPK ke depan tidak lagi lakukan secara seremonial saja. Ia ingin peringatan dilakukan dalam ruangan, buat forum diskusi dan diisi dengan pembahasan sekaligus evaluasi upaya peningkatan hasil pertanian dan pangan di Sumut dengan melibatkan seluruh kepala daerah."Saya tidak mau peringatan hanya sebagai acara seremonial saja. Kita harus membahas bagaimana meningkatkan pangan dan pertanian di Sumut. Dengan memiliki potensi  lahan yang sangat luas, saya optimis Sumut dapat surplus   termasuk mengirimkan ke provinsi lain di Indonesia,” ungkap.
Bahagian lain dari acara ini adalah pemberian apresiasi terhadap beberapa daerah yang mampu mengelola ketahanan pangan, salah satunya kota Padangsidimpuan. Hasil yang di dapat Kota Padangsidimpuan yakni juara pertama PPL WKPP kategoti pelayanan ketahanan pangan, juara pertama kategori pembinaan ketahanan pangan & juara harapan satu KWT Tingkat Provinsi Sumut kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial.Trophy di serahkan Gubsu Edy Rahmayadi didampingi Ketua TP PKK Sumut Hj Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Wakil Ketua TP PKK Sumut Ny Sri Ayu Muhari Musa Rajekshah. Trophy di terima perwakilan dari Kota Padangsidimpuan diantaranya Hoirun Hasibuan Kepala Desa Joring Natobang Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu sebagai juara I pembina Ketahan Pangan.

Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution.SH melalui Humas dan Protokol Pemko Padangsidimpuan menyampaikan bahwa walikota mengucapkan rasa syukur alhamdulillah, kerja keras yang dilakukan selama ini membuahkan hasil dimana pemko Padangsidimpuan meraih 3 (tiga) penghargaan. Meski demikian saya berpesan agar keberhasilan ini tidak cepat membuat kita langsung berpuas diri.Kemenangan ini sebagai motivasi untuk terus menggiatkan dan memberhasilkan seluruh program yang telah dicanangkan agar membawa dampak yang positif untuk masyarakat Kota Padangsidimpuan, ungkap Walikota.

Diwaktu yang sama Ny. Deliana Irsan Efendi juga mengatakan, masyarakat terutama kaum ibu saat ini perlu terus diedukasi guna meningkatkan pemahaman akan pentingnya penerapan prinsip B2SA dengan berbasis sumber daya lokal dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, salah satu faktor penting dan sangat mempengaruhi terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas adalah konsumsi pangan yang bergizi.“Mari kita jadikan keberhasilan ini sebagai momentum untuk membangun budaya keluarga agar mengkonsumsi aneka menu makanan B2SA guna memenuhi kebutuhan gizi sehari hari dengan memanfaatkan potensi pangan lokal. Dengan demikian insya Allah akan terbentuk sumber daya manusia berkualitas dan mampu berdaya saing,” pesannya.Peringatan HPS dan HKP turut dihadiri Wakapolda sumut Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto SIK , OPD Provsu sejumlah Bupati dan Walikota di Sumut. (Mangarahon) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar