19 April 2015

Pemko P.Sidimpuan Gelar Sosialisasi Permendagri Nomor: 8 Tahun 2014 Tentang SIPDA





P.Sidimpuan, STT Blog
 
PEMKO P.Sidimpuan, melalui Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Sosialisasi Permendagri Nomor: 8 Tahun 2014 Tentang SIPDA (Sistem Informasi Daerah) di Aula Bappeda, Jalan H.T Rizal Nurdin, KM 7, Pal IV, Pijorkoling, P.Sidimpuan, sehari penuh Kamis (16/4). Kegiatan yang dihadiri utusan dari instansi horizontal dan vertikal se-Kota P.Sidimpuan dengan menghadirkan nara sumber Marihot Sormin, SE, MM, Kepala Bidang Pengendalian Evaluasi Dan Statistik Bappeda Sumut dibuka oleh walikota, diakili Asisten III Adinistrasi Setda Kota P.Sidimpuan Drs.H.Abdul Rosad Lubis.

   Walikota Andar Amin Harahap, S.STP, MSi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Drs.Abd. Rosad Lubis,MM mengatakan perencanaan daerah adalah pemanfaatan nasumber daya yang dimiliki untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nyata.
   Baik dalam aspek pendapatan, kesempatan kerja, lapangan berusaha, akses terhadap pengambilan kebijakan, berdaya saing maupun peningkatan indeks pembangunan manusia. Dan perencanaan pembangunan daerah adalah suatu preses penyusunan tahapan-tahapan kegiatan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan didalamnya guna pemanfaatan pengalokasian kesejahteraan sosial dalam suatau lingkungan wilayah/daerah dalam waktu tertentu. Selanjutnya kata walikota, perencanaan pembangunan daerah merupakan kesatuan dengan sistem prencanaan pembangunan Nasional. "Perencanaan pembangunan daerah merupakan perencanaan pembangunan yang disusun secara terpadu oleh pemerintah daerah sesuai  dengan kewenangannya dalam rangka meningkatkan kwalitas perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah perlu didukung oleh keetrsediaan data dan informasi  pembangunan daerah yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan,"ujar walikota.

    Sebelumnya, Sekretaris  Bappeda Pemko P.Sidimpuan Harifsuddin melaporkan jumlah peserta yang diundang pada kegiatan tesebut 31 orang dari instansi horizontal SKPD se-Pemko P.Sidimpuan dan instansi vertikal se-Kota P.Sidimpuan. Dikatakan Harifsuddin sosialisasi ini diberikan kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemko P.Sidimpuan dan instnasi vertikal dengan tujuan  memberikan pengetahuan kepada aparatur pemerintah daerah tentang pentingnya pemahaman sistem informasi daerah (SIPDA). (Anas).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar