21 Juni 2019

Siswa Kota Padangsidimpuan Raih Nilai Tertinggi PPDB SMA Jalur Ujian Tingkat Sumut.

P.Sidimpuan STT___________
Pelajar Kota Padangsidimpuan kembali mengukir prestasi di tingkat Provinsi sumatera Utara. Kali ini Josephine Kristanti siswa tamatan SMP Swasta Sari Putra Kota Padangsidimpuan menjadi  peringkat pertama dari 1.514 siswa peserta ujian online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019  lulus. Pengumuman kelulusan itu langsung diumumkan Kepala Dinas Pendidikan Provsu Asyad Lubis, Selasa (18/6).

Seperti diketahui bahwa bahwa PPDB tahun ini memakai jalur ujian, selain jalur zonasi. Dalam hal PPDB jalur ujian ini sesuai informasi dari website Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara peserta yang ikut ujian 3.784 orang dari 59 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Sumut. Dimana peserta uang ikut ujian PPDB ini harus memiliki nilai minimal 70. Josephine Kristanti mengikuti ujian dan sekolah yang di tuju adalah SMA Negeri 1 Padangsidimpuan.

Keterangan yang di sampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provsu Asyad Lubis, dari 1.514 yang lulus 3 orang siswa memiliki nilai yang tinggi 1. Josephine Kristanti lulus di SMA 1 Padang Sidempuan dengan nilai 78, Geraldo Benedictus Sinulingga di SMA 15 dengan nilai 74 dan Juwita Sharifuddin di SMA 15 nilai 74.
Kadis Pendidikan Provsu menyebutkan bagi siswa dengan nilai tinggi ini akan diberikan perhatian khusus. “Mungkin saja biaya siswa atau diberikan fasilitas yang baik bagi mereka,”kata Arsyad.

Kepala SMP Sari Putra Rosintan, S.Pd menanggapi keberhasilan anak didiknya tersebut mengatakan rasa syukur yang sebesar besarnya. Keberhasilan anak tersebut berkat kebersamaan dan tanggung jawab atas profesi dari semua tenaga pendidik di sekolah SMP Sari Putra terutama pihak orang tua.

 “ini bukti dari tanggung jawab yang kami emban selaku guru di sekolah ini. Selain itu peran orang tua dan pihak yayasan sangat besar dalam menciptakan siswa yang betul betul berprestasi dan berkualitas” ujarnya. Ditambahkannya bahwa setiap kegiatan uji prestasi di tingkat Kota Padangsidimpuan dan Provinsi Sumatera Utara, siswa SMP Sari Putra mampu berkompetisi dengan sekolah lainnya. “tahun yang lalu siswa kita meraih nilai 100 di UNBK pada mata pelajaran Bahasa Inggris, begitu juga siswa kita ada yang berprestasi di tingkat nasional bidang seni” papar Rosintan.

Sementara itu pemerhati Pendidikan Nasruddin Nasution ketika di tanya tanggapannya mengenai prestasi Josephine Kristanti mengatakan bahwa ia tidak heran kalau yang berprestasi itu siswa dari SMP sari Putra atau sekolah swasta lainnya. Karena hal ini bukan untuk yang pertama kali sekolah tersebut menorehkan catatan prestasi bagi sekolah setingkat SMP. Sebaliknya ia bertanya, mengapa hanya sekolah swasta yang mampu berprestasi tinggi di kota ini khususnya di bidang akademik. Bagai mana dengan sekolah Negeri yang fasilitasnya dan kesejahteraan gurunya lebih baik dari guru sekolah swasta, kenapa belum mampu berkompetisi dengan sekolah swasta.

Ia berharap agar tenaga pendidik di sekolah negeri lebih memiliki tanggung jawab moral atas prestasi akademik siswanya. Pada bagian akhir  ia meminta agar pemerintah Kota Padangsidimpuan mengevaluasi manajemen di dinas pendidikan Kota Padangsidimpuan, agar program yang di usung Pemko Padangsidimpuan di bidang pendidikan dapat terwujud. (Anas)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar