21 Januari 2014

Badan Ketahan Pangan P.Sidimpuan- Panen Kol, Jagung dan Padi pada awal 2014

Awal Tahun 2014, Badan Ketahan Pangan Kota Padangsidimpuan bersama Kelompok Tani melaksanakan Panen Perdana tiga Komoditi yakni Kol, Jagung dan Padi.

P.Sidimpuan STT Blog-
Kecamatan Hutaimbaru Kota Padangsidimpuan ternyata tidak hanya cocok sebagai kawasan pertanian tanaman padi saja. Melainkan juga sangat cocok untuk komoditas pertanian lainnya, seperti Jagung, Kedelai dan juga Kol. Hal ini terlihat saat kegiatan Panen Perdana Kol oleh Kelompok Tani Kelurahan Sabungan Jae bersama Wakil Walikota Padangsidimpuan, M. Isnandar Nasution, Selasa (21/1).

Wakil Walikota  juga mengapresiasikan bahwa inovasi yang dilakukan oleh Badan Ketahanan Pangan Kota Padangsidimpuan bersama Kelompok tani ini cukup baik dan cukup berhasil. Dihadapan masyarakat petani ia menyampaikan bahwa potensi alam Padangsidimpuan yang subur serta dukungan para penyuluh lapangan pertanian yang handal, masyarakat petani akan dapat lebih sejahtera.

Dikatakannya “ Saat ini peluang usaha tanaman sayuran sangat baik. Kebutuhan dan ketergantungan pasokan sayur yang selama ini dari luar Sidimpuan akan bisa di cukupi apa bila para petani mau berinovasi di lahannya. Diharapkan bahwa surplus beras yang telah di capai Kota Padangsidimpuan dapat di ikuti komoditi lainnya” papar Isnandar.

Wakil Walikota bersama dengan rombongan yang hadir antara lain Sekda Drs.Alamsyah Lubis, Anggota DPRD Komisi II H. Mahmudin Nasution, Kepala Bapeda, Sekretaris DPRD,  Kepala Badan Ketahanan Pangan, Kepala PMK, Kabag Humas, Camat Hutaimbaru, Lurah Sabungan Jae beserta yang lainnya melakukan panen Kol.
Kepala Badan Ketahan Pangan Kota Padangsidimpuan melalui Kabid Ketahan Pangan Ir.Abi Sofyan Siregar menjelaskan bahwa panen Kol yang dilaksanakan pada saat ini di atas lahan seluas 416 M. Masa tanam selama 70 hari dan hasil yang di dapat dari lahan tersebut sebanyak 1,8 ton.

Usai panen perdana Kol di Kelurahan Sabungan Jae,
Wakil Walikota bersama rombongan bertolak menuju Desa Palopat Maria untuk melaksanakan panen perdana komoditi jagung.
Panen perdana jagung Kelompok tani yang  Desa Palopat Maria Kecamatan Hutaimbaru memberikan hasil mencapai 9,6 t/ha. Pertumbuhan tanaman jagung tersebut sangat baik dan menarik minat masyarakat, termasuk pemerintah daerah.
Hali ini di sampaikan H. Mahmudin Nasution yang juga anggota DPRD Kota Padangsidimpuan bahwa dirinya sangat berminat untuk mengembangkan tanaman jagung di daerah ini setelah melihat hasil produksi yang di capai pada saat panen perdana ini. Ia juga berharap agar masyarakat lainnya turut serta menanam jagung sebagai alternatif usaha dalam rangka meningkatkan kesejahteraan hidup.

Sama seperti saat Panen Perdana tanaman Kol, Wakil Walikota juga menunjukkan rasa gembiranya melihat hasil panen Jagung ini. Bersama dengan rombongan, M.Isnan turut melakukan panen jagung. dapat dikembangkan untuk kemakmuran masyarakat, mengingat jagung merupakan suatu komoditi yang sangat strategis saat ini di pasaran. "Kita  mengajak anggota tani yang tergabung dalam Kelompok Tani, agar mengembangkan tanaman jagung di kota ini," katanya. 

Dengan ketersediaan lahan potensial  di Padangsidimpuan untuk komoditi jagung dan berkembangnya industri pakan ternak berbahan baku jagung, ke depan ketersediaan benih unggul bermutu dengan harga yang terjangkau petani akan sangat diperlukan.(Anas)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar