6 Maret 2013

Perpustakaan Tapsel Tambah Mobil Baru



Tapsel Miliki Mobil Perpustakaan Keliling di Tiap Kecamatan



Tapsel STT Blog
Bupati Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) H.Syahrul M Pasaribu, Jumat siang (1/3) menyerahkan 3 unit Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) kepada Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Tapsel Dra.Racmil Ulfa Sartika.MM di halaman kantor tersebut yang peruntukannya kepada Kecamatan Batang Angkola dan Aek Bilah.
Dalam Laporannya Kakan Perpustakaan mengatakan, dengan tambahan tiga unit mobil ini maka Pemkab Tapsel telah memiliki 15 unit mobil yang di operasikan di seluruh kecamatan dan ke tiga unit mobil baru tersebut berasal dari dana APBD Tapsel. “ Saat ini seluruh kecamatan di Tapsel telah memiliki mobil unit pelayanan perpustakaan, semuanya di operasikan untuk memberi pelayanan kepada masyarakat hingga pedesaan, khususnya perpustakaan di desa dan rumah ibadah. Di Sumatera Utara hanya kabupaten Tapsel yang memiliki mobil perpustakaan di tiap kecamatan.” Ujar Dra.Rachmil. Secara rinci ia menyebutkan di Tapsel terdapat 53 unit perpustakaan kelurahan dan desa, 3 unit perpustakaan rumah ibadah, 3 unit perpustakaan khusus dan satu unit perpustakaan Kabupaten.
Pada sambutannya Bupati Tapsel H.Syahrul M Pasaribu mengatakan, sesuai visi pemerintah Kab.Tapsel yaitu Tapanuli Selatan yang maju, Sejahtera, Sehat,Cerdas, Beriman dan mandiri berbasis sumber daya manusia pembangunan serta sumber daya alam yang produktif dan lestari, maka pengembangan perpustakaan di Tapsel perannya sangat di butuhkan.
 Bupati berharap dengan adanya fasilitas mobil pusling tersebut, bisa membantu mengoptimalkan kinerja dan tugas keperpustakaan demi meningkatkan wawasan masyarakat. “Fasilitas tersebut harus bisa dimanfaatkan dengan baik, utamanya bisa membantu visi misi pemerintah untuk mencerdaskan bangsa,” pinta Sahrul. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para pengelola perpustakaan di Kelurahan dan desa serta rumah ibadah serta berjanji akan berupaya meningkatkan intensif  kepada mereka.
Kepada media di sampaikan didalam mobil pusling tersedut telah tersedia berbagai jenis buku seperti buku pelajaran sekolah, kamus, buku agama, resep masakan, pengetahuan umum dll. Sedangkan Mobil Pusling yang baru saja diberikan mempunyai koleksi buku sebanyak 2.000 eksemplar buku. “Mobil bantuan tersebut dioperasionalkan bulan ini,” kata  Dra.Rachmil.
Menurut Rchmi, minat warga untuk membaca buku di Pusling sangat baik. Masyarakat Tapsel khususnya, bisa menggunakan fasilitas baca umum itu dari pukul 08.00 – 15.00. Mobil pusling tersebut biasanya bisa dijumpai di sejumlah sekolah, kelurahan, di tiap kecamatan, bahkan sampai ke tempat-tempat pusat perdagangan di kecamatan. (Anas)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar