15 November 2018

Lomba Posyandu TK. Tapsel Tahun 2018, Diharapkan Tercipta Kader Posyandu Yang Handal

Tapsel STT_________
Ketua Tim Penggerak PKK Tapsel Ny. Syaufia Lina Syahrul  membuka Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel)  Tahun 2018 di Aula MAN 2 Padangsidimpuan yang diikuti oleh Kader pilihan Posyandu dari seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan, Kamis (8/11).


Acara Lomba dengan mengusung Tema  "Melalui Lomba posyandu kita tingkatkan keterampilan kader dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pelayanan dasar kesehatan di desa menuju kelembagaan mandiri".

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapanuli Selatan dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Sekretaris Mara Tinggi Siregar.  menyebutkan bahwa kader posyandu di desa merupakan ujung tombak sebagai pejuang kesehatan. Untuk itu dia berharap agar seluruh kader posyandu di Kelurahan,  dan Desa supaya betul-betul membina masyarakat demi terciptanya ibu yang sehat dan anak yang sehat,"harapnya. 

Sementara Ketua TP PKK Tapsel dalam sambutannya mengharapkan dengan digelarnya lomba tersebut,  dapat tercipta kader posyandu yang handal, seraya meminta kepada seluruh kader posyandu untuk selalu berkoordinasi dengan camat dan kepala puskesmas agar secara rutin menggelar pelatihan terhadap kader posyandu di desa dan kelurahan masing-masing. 

Sisi lain, dia mengharapkan dengan digelarnya lomba tersebut kiranya lebih memotivasi para kader posyandu agar bekerjasama dengan bidan desa sehingga bisa membantu Bupati Tapanuli Selatan H Syahrul M Pasaribu dalam mewujudkan visi misinya menjadikan rakyat Tapsel yang sehat. 

Menyinggung Dana Desa,  dia menghimbau kepada seluruh kader posyandu untuk memanfaatkan dana desa di tahun 2019 dalam peningkatan kapasitas posyandu, seperti pemberian dana sehat dan mengganti segala peralatan posyandu yang lebih baik.

Terakhir dia mengucapkan selamat berlomba kepada seluruh kader posyandu,  junjung tinggi sportivitas dan kejujuran dalam bertanding. 

Acara lomba tersebut terdiri dari empat orang dewan juri yaitu,  Hj. Mawarni,  dr Emi,  Ny. Levi Hamonangan dan Ny. Vita Ali Akbar dengan materi lomba tertulis dan praktek penyuluhan dari perwakilan kader posyandu dari setiap kecamatan.

Di penghujung lomba keluar sebagai juara  dan berhak mendapatkan uang pembinaan Harapan 3 Kec. Muara Batangtoru, Harapan 2 Kec. Tantom Angkola, Harapan 1 Kec. Sipirok, Juara 3 Kec.  Aek Bilah, Juara 2 Kec. Marancar,  dan Juara 1 Kec. Batang Angkola. Sembilan kecamatan lainnya yang belum berhasil meraih juara juga mendapatkan uang pembinaan. 

Seluruh peserta Lomba juga mendapatkan kaos yang diberikan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Tapsel,  dan acara tersebut turut juga dihadiri Ketua TP PKK Kecamatan se-Tapsel, Kepala UPTD Puskesmas Se-Tapsel, dan Bidan Desa. (Mangarahon)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar