Jumat, 24 Agustus 2012

Tapsel : Kondisi Jalan di Angkola Selatan


Jalan di Angkola Selatan  Tapsel menanti korban lagi
 
Tapsel, STT Blog
Puluhan kilo meter (km) jalan di Kecamatan Angkola Selatan Kab Tapanuli Selatan (Tapsel) hancur yang mengakibatkan arus lalu lintas  terhambat akibat kerusakan jalan di Kecamatan tersebut. Di wilayah itu, terdapat lubang-lubang besar yang menganga di berbagai tempat sehingga kendaraan terpaksa merayap melewatinya sementara sisi jalan tidak ada perawatan, rumput ilalang dan tanaman liar lainnya tumbuh subur di sepanjang jalan.
Pemantauan STT Blog, Kamis (23/8) menemukan kerusakan jalan mulai dari batas Kota P.Sidimpuan dengan Kec.Angkola Selatan mulai dari Desa Hanopan, Situmbaga hingga Somel, sepanjang 30 km. Kerusakan terparah mulai dari Batu Rosak dan yang terparah ada di Simaronop. Di sini bukan saja lapisan aspal jalan yang sudah terkelupas, tapi juga lapisan batu dan tanah di bawah aspalnya juga sudah tergerus sehingga membuat lubang-lubang besar menganga. Untuk melewati jalan yang rusak ini, kendaraan baik roda dua maupun roda empat terpaksa memperlambat laju kendaraannya hingga di bawah 40 km/jam. Di beberapa titik terdapat kubangan besar yang memungkinkan di buat kolam penetasan lele jumbo.
Sejumlah pengendara mengatakan, sejak tahun lalu, kondisi jalan ini sudah rusak, bahkan sudah banyak makan korban jiwa seperti bus dan truk yang terbalik. “Kalau saat musim hujan kondisinya lebih parah lagi, jalan sulit di lalui sehingga tidak jarang mobil atau truk yang terperosok masuk jurang. Padahal jalan ini di perbaiki belum ada dua tahun” ujar Muklis, sopir bus yang sering bolak-balik P.Sidimpuan-Palang.


Para pengguna jalan mengeluhkan kerusakan jalan ini karena selain memperlama waktu tempuh juga mempercepat keausan suku cadang kendaraan. M.Lubis warga Somel mengatakan “Kualitas perbaikan jalan yang dikerjakan sangat buruk. Pada kondisi seperti ini belum ada tanda tanda akan di lakukan perbaikan. Padahal jalan ini satu satunya akses terdekat menuju ibu kota pemerintahan Tapsel, apakah perbaikannya akan di lakukan setelah korban bertambah lagi ?” ujarnya. (Anas)

Dinas Perhubungan P.Sidimpuan : Arus Balik Lebaran dan Pengamanan lebaran


Dishub P.Sidimpuan siagakan personel antisipasi laka lantas arus balik lebaran
 
P.Sidimpuan STT Blog
Usai ritual mudik Lebaran kini terjadi arus balik, Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (dishub) Kota Padangsidimpuan (Psp) menyiagakan personel mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Dinas Perhubungan bersama Polres Kota Psp, Satpol PP dan Dinas Kesehatan telah menyiapkan 3 posko masing masing di Kelurahan Hutaimbaru Kec Psp Hutaimbaru, Simpang Jalan Lingkar Kec.Psp Batunadua dan Desa Pal 4 Kec. Psp Tenggara yang siaga 24 jam. Hal ini di sampaikan Kepala Dishub kota Psp H.Sahrizal,SH yang di dampingi sekretaris Dishub Psp Malik Siregar SH ” dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas, kita telah bekerja sama dengan instansi terkait melakukan posko pengamanan arus mudik dan arus balik. Sehingga bisa melakukan koordinasi langsung terkait pengamanan, pemantauan dan pengawasan arus mudik serta arus balik. Ini kita laksanakan sejak –H10 sampai +H10 ” paparnya.
Di tambahkannnya demi keselamatan pengguna jalan di kota Psp pihak Dishub telah menempatkan personilnya untuk mengurai simpul kemacetan yang bakal ada khususnya di daerah persimpangan dan wilayah pool kenderaan seperti daerah Batu Nadua dan Padang Matinggi. Dishub Psp juga menghimbau para pengusaha angkutan melakukan pengecekan kelaikan, di antaranya sistem pengereman, mesin, serta emisi gas buang. Selain itu, surat-surat kendaraan, bahkan kondisi kesehatan sopir, demi keselamatan penumpang.
Mengenai tuslah (tambahan tarif angkutan) Malik Siregar SH menjelaskan bahwa ambang batas maksimal adalah 30%.” Pemerintah Prov. Sumatera Utara menetapkan tuslah  batas bawah dan atas untuk angkutan Lebaran 2012/1433 H. Khusus angkutan darat kelas ekonomi, tarif batas bawah dan atas di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ditetapkan maksimal 30% . Tuslah atau kenaikan tarif untuk angkutan darat yang diatur itu hanya untuk tarif kelas ekonomi kendaraan angkutan orang dan itu mulai berlaku –H7 sampai dengan +H7, apabila ada pengusaha angkutan yang menaikkan tuslah di atas 30% akan di beri sanksi ” paparnya.
Beberapa perusahaan angkutan di kota Psp menaikkan tarip atau angkos seperti yang di himpun dari berbagai perusahaan angkutan orang. Keterangan yang di peroleh dari loket resmi beberapa perusahaan tersebut antara lain, CV. Simpati Taxi dengan armada L-300 bahwa mereka menaikkan tuslah sekitar Rp.30.000. ongkos P.Sidimpuan ke Medan dan sebaliknya selama ini Rp.110.000 menjadi Rp.140.000 ini berlaku sejak tanggal 14 Agustus sampai 26 Agustus 2012, CV. Parsariran yang memiliki armada berupa Inova kenaikannnya juga Rp.30.000. ongkos sebelumnya Rp.120.000 menjadi Rp.150.000. Sementari itu CV Taxi Kita Bersama dari Sidimpuan ke Medan hanya menaikkan saat arus balik sama halnya  angkutan CV.Idola  trayek Riau tuslah di terapkan sesudah lebaran atau pada saat arus balik. Bangun Rangkuti kepala cabang CV.Idola Psp mengatakan ” CV. Idola Psp hanya menerapkan tuslah pada arus balik, sebelum lebaran kita tidak pernah menaikkan tuslah” Ujarnya.
Kenaikan jumlah penumpang cukup signifikan dari Psp menuju Medan dan Pakan Baru. Sementara dari Psp menuju Padang Sumbar justru terjadi penurunan jumlah penumpang.(Anas)

Berita ini dapat juga di baca pada Koran Harian ORBIT, Suara Sumut dan Suara Masa 

Jumat, 10 Agustus 2012

NasDem P.Sidimpuan daftar untuk verifikasi


 Nas Dem parpol pertama mendaftar ke KPU P.Sidimpuan dan Tapsel
P.Sidimpuan STT Blog
Pengurus Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Padangsidimpuan (Psp) pada Jumat (10/8) mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Psp mendaftar dan menyerahkan berkas untuk Verifikasi sesuai yang di isyaratkan oleh KPU bagi parpol yang akan ikut Pemilu tahun 2014. Rombongan Partai NasDem Kota Psp yang berkisar 100 orang ini dipimpin langsung DR.Mustafa Ramdhan Siregar yang kemudian di terima oleh Ketua KPU Arbanur Rasyid,MA. Muzakkir Khotib,MA (Divisi Penyelenggara) dan beberapa staf di lantai II kantor KPU Psp. Ketua Partai NasDem Kota Psp DR.Mustafa Ramadhan Siregar di dampingi sekretaris Drs. Mukhtar Yahya Nasution menyerahkan berkas yang terdiri dari Poto Copy KTA, Data Administrasi Kepengurusan, Data Administrasi Kegiatan dan Soft Copy item yang diatas dalam bentuk plash disk.
Pada Kesempatan tersebut ketua KPU Psp Arbanur Rasyid MA mengatakan bahwa Partai NasDem Kota Psp adalah partai pertama yang mendaftar untuk di verifikasi di KPU kota Psp dalam rangka untuk mengikuti Pemilu tahun 2014. “ sesuai dengan jadwal KPU bahwa pendaftaran untuk verifikasi yaitu tanggal 9 Agustus s/d 7 September 2012, hingga saat ini baru Partai NasDemlah yang mendaftar. Mengenai apakah akan ada partai yang akan mendaftar lagi, kita belum tahu sebab hingga saat ini belum ada pemberitahuan”

Usai acara penyerahan dan pemerikasaan berkas, Ketua Partai NasDem Psp DR.Mustafa Ramadhan Siregar menyelenggarakan konfrensi Pers. Disampaikannya bahwa pada hari ini Partai NasDem di 497 kabupaten/kota, dan 33 provinsi mendaftar secara serentak pukul 10.00 di setiap KPUD provinsi dan KPUD kabupaten/kota masing-masing. Sejak awal Partai NasDem disiapkan secara serius dengan mengusung slogan restorasi untuk perubahan ke arah perbaikan.Kita melakukan pendaftaran pertama ini juga untuk menunjukan kepada semua pihak bahwa partai ini siap untuk pemilu 2014. Ia juga menyampaiakan bahwa di Kota Psp secara administrasi persyaratan untuk di verifikasi telah melebihi persyaratan minimal. Di jelaskannya ” Selain kepengurusan DPD Kota Psp juga telah di bentuk pengurus 6 Kecamatan serta 58 pengurus kelurahan/ desa. Dengan demikian kami yakin bahwa verifikasi Partai NasDem di kota Psp akan lolos. Kedepan kami yakin berkat dukungan kita bersama serta keinginan agar ada perubahan di tatanan pemerintahan ini, melalui Partai NasDem restorasi untuk kesejahteraan masyarakat akan terwujud. Keyakinan ini menguat setelah banyak politikus yang bergabung di partai ini” paparnya.
Sementara itu pada waktu yang bersamaan di Kantor KPU Tapanuli Selatan (Tapsel) yang berjarak 2 Km dari kantor KPU Psp dilaksanakan acara yang sama. Partai NasDem Tapsel di pimpin ketuanya Naswardi Sihaloho beserta pengurus menyampaikan berkas untuk di verifikasi. Di KPU Tapsel mereka di terima Ketua KPU Tapsel Mustar Edi Hutasuhut,SH, Drs.Katimbulan Siregar (anggota) dan Ir. Potan Edi Siregar (Divisi Penyelenggara). Ketua KPU Tapsel melalui divisi penyelenggara Ir.Potan Edi Siregar mengatakan berkas yang di sampaikan untuk di verifikasi sesuai persyaratan yang di tentukan KPU, pelaksanaan verifikasi pada tanggal 4 s/d 24 Oktober 2012 kemudian pada tanggal 9 s/d 15 Desember 2012 KPU pusat akan mengumumkan secara nasional parpol yang lolos verifikasi. (Anas)

Berita ini dapat di baca di Koran Harian ORBIT dan SUARA SUMUT

Senin, 06 Agustus 2012

Pilkada P.Sidimpuan : Pasangan Chaidir - Maragunung No. 6


KPUD Undi dan Tetapkan Nomor 6 pasang Peserta Pemilukada Kota P.Sidimpuan
 
P.Sidimpuan STT Blog
KOMISI Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Padangsidimpuan (Psp)menggelar rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut peserta pasangan calon Walikota dan calon Wakil Walikota yang akan berkompetisi pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tanggal 18 Oktober tahun 2012 ini di aula MAN 2, Jalan St, Soripada Mulia  Psp Senin (6/8). Rapat pleno yang dipimpin  ketua KPUD Arbanur Rasyid, MA dihadiri seluruh anggota KPUD yakni Muzakkir Khotib Sireger, Hafner Yani Siregar, Mohot lubis, Ahmad Efendi Nasution, S.Sos dan Sekretaris KPUD, Tawaruddin Simbolon.
 
Ahmad Efendi Nasution selaku  Ketua Pokja Pencalonan dalam sambutannya mengatakan sebanyak 6 pasangan dari 12 pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota yang mendaftar ke KPUD di nyatakan sebagai peserta Pemilukada kota Psp karena ke 6 pasangan ini telah lolos verifikasi administrasi dan verifikasi faktual sesuai tahapan yang dilaksanakan oleh KPUD.
"Pada saat ini kami tegaskan bahwa hasil undian pada hari ini merupakan nomor tetap yang akan di pakai para calon. Jadi dalam mensosialisasikan nomor ini kami harap di sertakan nama pasangan sesuai nama yang ada pada administrasi yang di pakai calon dalam proses administrasi di KPU selama ini. Nomor urut yang didapat oleh pasangan calon walikota dan calon wakil walikota merupakan nomor resmi Pemilukada," ujarnya
 Dia berharap agar tidak ada pasangan yang mengundurkan diri, karena sesuai ketentuana peraturan dan perundang-undangan yang berlaku pasangan calon walikota dan calon wakil walikota yang telah ditetapkan KPUD tidak boleh mengundurkan diri. Bila ini terjadi ada ketentuan hukum yang berlaku.
Ketua KPUD Psp Arbanur Rasyid MA dalam sambutannya mengatakan siapapun nantinya yang terpilih jadi walikota dan wakil walikota berarti itulah yang terbaik bagi warga kota Padangsidimpuan.
    "Mudah-mudahan dengan nomor yang dimiliki semua pasangan calon akan mendapatkan berkah," katanya. Pengundian nomor urut dilakukan melalui pengambilan bola kecil dalam stoples kaca yang disediakan KPUD oleh masing-masing pasangan calon walikota dan wakil walikota sesuai dengan nomor antri yang dimiliki pasangan, dimana sebelumnya juga diundi untuk menentukan nomor urut 1 hingga 6 mengambil bola berisikan nomor urut itu.
   
Hasilnya, pasangan calon walikota dan calon wakil walikota adalah No.1. Muhammad Habib Nasution-Ir Soripada Harahap No.2. Rusyidi Nasution-Riswan Daulay.No.3. Andar Amin Harahap, S.STP, MSi-Muhammad Isnandar Nasution, S.Sos.No.4. Dedi Jaminsyah Putra, S.STP-H Affan Siregar, SE .No.5. Amir Mirza Hutagalung-H Nurwin Nasution. No.6. Ir.H.Chaidir Ritonga, MM-H Mara Gunung Harahap, SE, MM.
Usai pengundian nomor urut peserta Pemilukada, KPUD selanjutnya melakukan  penetapan sebagai nomor peserta masing-masing calon walikota dan calon wakil walikota pada Pemilukada kota Psp.
Hadir pada acara itu Kaporles Kota Psp AKBP Andi Syahriful Taufik, SIK, pimpinan partai politik pengusung pasangan calon, pendukung pasangan calon, Tim pemenangan Calon, Ketua Panwaslu Kota Helty Ritonga dan anggota. Proses ini mendapat pengawalan ekstra ketat dari pihak Polres Kota Psp.
(Anas)

Berita ini dapat juga di Baca pada Harian ORBIT, SUARA SUMUT dan Mingguan Suara Masa

Sabtu, 04 Agustus 2012

Diknas P.Sidimpuan : Pesantren kilat SMA Negeri 3 Psp


 
Sanlat di SMA Negeri 3 P.Sidimpuan sebagai Pembentukan Citra Diri Remaja Muslim

P.Sidimpuan SST Blog
Pesantren kilat (Sanlat) merupakan kegiatan yang tepat untuk mengisi liburan di Bulan Suci Ramadhan. Melalui pesantren kilat anak akan menerima nilai-nilai keagamaan sebagai dasar pembentukan kepribadian dan moral yang tertanam dalam jiwa dan sanubari. Pada Sanlat ini juga dipelajari aspek-aspek kebersamaan, kepemimpinan, dan kemasyarakatan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Meningkatkan pemahaman anak-anak tentang Islam, Membentuk sikap, tingkah laku dan budi pekerti yang Islami. Demikian di sampaikan oleh Kepala SMA Negeri 3 Padangsidimpuan (Psp), Drs.Abdullah Sani Nasution kepada STT Blog pada penutupan pesantren kilat di sekolah tersebut, Sabtu (28/7) yang di dampingi Wakil kepala bidang kesiswaan Drs.Khoirunnas Batubara.
” Selama seminggu kegiatan pesantren kilat ini di isi dengan materi-materi yang membangun kesadaran siswa akan pentingnya kesadaran beribadah sampai memahami agama. Selain itu anak anak ini  kedepan memiliki keseimbangan pengetahuan antara ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum, serta memiliki dasar keimanan yang kokoh dalam menjalani era globalisasi dengan segala dampak positif dan negatif yang dibawanya” papar Abdullah Sani.

Kegiatan sanlat di SMA Neg.3 Psp ini selalu di awali dengan Sholat Dhuha berjamaah yang kemudian di teruskan dengan agenda yang telah di persiapkan selama seminggu tersebut. Koordinator Sanlat, Jonri Achir,S.PdI menyebutkan bahwa berbagai bentuk kegiatan di laksanakan untuk lebih mempermudah pemahaman anak anak terhadap syariat Islam, tidak hanya melalui teori tapi praktek langsung.” kegiatan ini kita laksanakan Indoor maupun Outdoor, dengan materi pendidikan ramadhan, perlombaan, I'tiqaf dan muhasabah. Kegiatan muhasabah ini sangat penting dimana anak anak kita arahkan untuk mengenal diri serta merenungi keberadaan dirinya di tengah keluarga dan masyarakat ” ujarnya. 

Ditambahkannya bahwa point yang di harapkan melalaui sanlat ini yakni  membentuk pribadi yang mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. Optimalisasi potensi diri dan pembentukan citra diri anak dan remaja muslim.

Salah seorang peserta pesantren kilat, Halimah Nur saat dimintai komentarnya, mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan pesantren kilat ini. ''Saya telah banyak mendapatkan wawasan dari pembelajaran tentang agama di kegiatan pesantren kilat ini, disinilah baru pertama kali saya laksanakan sholat dhuda. Selain itu dengan mendalami makna agama betapa diri kita ini sangat kecil''sebut Halimah Nur. (Anas)
Berita ini dapat anda baca di Harian ORBIT, SUARA SUMUT dan Mingguan SUARA MASA

Jumat, 03 Agustus 2012

Pilkada P.Sidimpuan dan Mutasi jajaran PNS


Mutasi PNS di P.Sidimpuan yang berbau aroma Pilkada

P.Sidimpuan STT Blog
Jelang akhir masa jabatannya yang tinggal beberapa bulan lagi, Walikota Padangsidimpuan (Psp) Drs.H.Zulkarnain Nasution MM masih melakukan rotasi dan mutasi jabatan PNS di lingkungan pemerintahannya. Sebanyak 70 orang PNS di lingkungan Pemko Psp Jumat (3/8) dilantik oleh Drs.H.Zulkarnain Nasution MM di Aula Kantor Walikota Psp sesuai SK Walikota Nomor 97/KPTS/2012 tentang pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian jabatan eselon III, IV dan V di lingkungan pemerintahan Kota Psp. Namun di yakini dalam waktu dekat akan terjadi lagi mutasi atau rotasi di jajaran pejabat Pemko Psp, mengingat suasana kota Psp yang akan menghadapi Pilkada.

Beberapa pejabat di eselon III yang mengalami rotasi diantaranya Miswardin, S,Sos yang sebelumnya Kabid SDM dan SIK pada Dinkes menjadi PJ Sekretaris Dinkes, Padangsidimpuan, Raja Indra Mulia, S,IP, Msi sebelumnya Kabid Badan PMK menjadi Pj. Sekretaris Badan PMK Padangsidimpuan,  Basrah Nasution, ST dilantik sebagai Sekretaris Bapeda, dan Rukiah Pulungan, SP menjadi Pj Kasi Pembina dan Saker pada Disosnaker. Sementara untuk eselon IV diantaranya Lurah Wek VI digantikan Muhammad Yunus yang sebelumnya dijabat Abdul Haris, SP, dan Lurah Lubuk Raya, Bahari Efendi, SH di pindahkan menjadi Lurah Wek I dan padaEselon V , Sri Ratna Rezeki dilantik menjadi KTU SMA Negeri 5 Psp yang sebelumnya di jabat Drs.Medi Gunawana Harahap.

Dalam kata sambutannya  Drs.H.Zulkarnain Nasution MM mengatakan mutasi atau pengangkatan pejabat merupakan bagian dari upaya penyegaran sekaligus memperkuat struktur serta manajemen pemerintah guna memacu kinerja dalam upaya mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik.” Mtasi atau rotasi pejabat, adalah untuk mendorong peningkatan kinerja, menghindari potensi stagnasi dan kesenjangan operasional dalam melaksanakan tugas tugas pemerintahan dan pelayanan publik” paparnya.

Dalam beberapa saat lagi diyakini akan terjadi mutasi dan rotasi di jajaran PNS yang ada di Kota Psp. Mutasi dan rotasi ini adalah acara ’terakhir’ bagi walikota yang jabatannya akan segera berakhir. Maka tidak salah kalau timbul istilah Torjak Pangabisan (Tendangan Terakhir-Red). Melihat kondisi saat ini yang dekat dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), kuat dugaan yang ketiban nasib adalah pejabat eselon III dan IV.
Praktek seperti ini sudah diterapkan oleh Walikota Drs.H.Zulkanaen Nasution MM pada 5 tahun yang lalu dan berhasil efektif dalam mendudukkannya kembali sebagai walikota periode ke II.
Pada pilkada kota Psp yang akan di gelar 18 Oktober nanti, salah seorang calon adalah menantu Drs.H.Zulkarnain Nst. Maka menempatkan (halak kita) dalam  posisi yang berhubungan langsung dengan masyarakat adalah tujuan pemenangan salah satu calon walikota, bukan pelayanan prima bagi masyarakat. Aroma dari mutasi yang akan dilakukan walikota saat ini lebih dekat pada pembangunan Dinasty birokrasi di kota P.Sidimpuan.
Kemudian fakta di lapangan telah terlihat beberapa PNS yang terlibat langsung pada acara sosialisasi sang calon walikota yang nota bene menantu walikota saat ini. Bahkan pada beberapa kegiatan inventaris milik pemko Psp di pergunakan untuk kegiatan sosialisasi salah satu calon walikota Psp. (Anas)

Berita ini dapat di baca pada koran Harian ORBIT, SUARA SUMUT dan Mingguan SUARA MASA

Diknas P.Sidimpuan. Uji Kompetensi Guru thn 2012


Gagal UKG 441 orang Guru di P.Sidimpuan akan ujian ulang 1 sd 6 Oktober 2012

P.Sidimpuan STT Blog
Peserta Uji Kompetensi Guru (UKG) yang gagal melaksanakan ujian pada pelaksanaan UKG, akan mengikuti ujian ulangan pada oktober ini. Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota Padangsidimpuan (Psp) Drs.Masuddin Lbs di ruang kerjanya, Jumat (3/8). Seperti di ketahui 441 orang guru di Psp peserta UKG gagal melaksanakan ujian dikarenakan koneksi internet tidak bisa login dimana komputer tidak terkoneksi dengan server pusat. Di katakannnya ” bagi guru yang gagal mengikuti UKG karena paktor jaringan internet tersebut, akan di laksanakan UKG ulang pada oktober tahun ini. Permasalahan koneksi internet tidak bisa login atau  terkoneksi dengan server pusat, itu terjadi di banyak daerah termasuk kota Psp ” ujar Masuddin Lbs.

Di jelaskannya bahwa uji kompetensi bagi guru merupakan program pemerintah pusat. Tujuannya, untuk melakukan pemetaan potensi guru yang ada di daerah sehingga tidak terjadi ketimpangan. Selain itu pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui upaya peningkatan kompetensi guru yang dilaksanakan dan diperuntukan bagi semua guru, baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Sehubungan dengan itu, uji kompetensi guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan sebagai entry point penilaian kinerja guru (PKG). Dengan demikian UKG bukan merupakan resertifikasi atau uji kompetensi ulang maupun untuk memutus tunjangan profesi.
 
Mengenai adanya anggapan bahwa hasil UKG akan mempengaruhi tunjangan profesi, Drs.Masuddin Lbs yang juga ketua PGRI Psp mengatakan ” itu tidak ada hubungannya, hasil UKG dapat mempengaruhi tunjangan profesi yang sudah diperolehnya tidaklah benar, sebab tujuan dibuatnya kegiatan itu hanya untuk memetakan kompetensi guru yang berujung pada penilaian kinerja” tegasnya. Selain itu di katakannya bahwa hasil UKG di Psp mendekati standar.

Salah seorang peserta UKG dari SMP Negeri 9 P.Sidimpuan, Drs. Mulatua Rambe mengatakan ” banyak persoalan teknis pada UKG ini sehingga kita tidak dapat berbuat maksimal dalam menjawab soal. Seperti melencengnya substansi soal dengan kompetensi yang diujikan, kelengkapan soal bergambar yang tersaji dengan buruk. Sehingga banyak waktu terbuang dalam mencermati soal yang di sajikan” ujarnya.(Anas)

Berita ini dapat di baca pada Koran Harian Orbit, Suara Sumut dan Mingguan Suara Masa

Kamis, 02 Agustus 2012

Pilkada P.Sidimpuan : MoU GAKUMDU


Panwaslu, Polres dan Kejari P.Sidimpuan tanda tangani MoU Gakumdu Pilkada Kota P.Sidimpuan

   P.Sidimpuan STT Blog
Dalam menghadapi perhelatan akbar pesta rakyat kota Padangsidimpuan (Psp) yakni Pemilukada Walikota Psp yang akan di helar 18 Oktober 2012. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Psp, secara resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) dengan Polres Kota P.Sidimpuan dan Kajari P.Sidimpuan. Penandatanganan MoU dilakukan di Halaman Bolak Psp Selasa (31/7) bertemakan :Pemilukada yang sukses, aman, kondusif yang taat aturan.
                                                 
Ketua Panwaslu Kota Psp Helti Ritonga S.Pd mengatakan, kesepakatan Gakumdu dengan Kejaksaan dan Kepolisian merupakan kewajiban dan tindak lanjut dari kesepakatan Bawaslu dengan Polri dan Jaksa Agung tentang tindakan penanganan sengketa pemilu di Indonesia. Gakumdu merupakan sentra penanganan sengketa Pemilu yang berhubungan langsung dengan tindak pidana secara hukum.” Dengan adanya Sentra Gakumdu tersebut, maka segala kasus pelanggaran pemilu kepala daerah Kota Psp yang berkaitan dengan pidana akan menjadi tugas Gakumdu untuk memprosesnya hingga vonis hukum.Regulasi yang ada saat ini memang hanya memberikan kewenangan untuk mengawasi proses penyelenggaraan Pilkada kepada Panwaslu. Panwaslu belum bisa mengeksekusi pelanggaran yang terjadi. Meski demikian, saya tetap menaruh harapan besar kepada seluruh anggota Panwaslu termasuk petugas lapangan untuk tetap mengawasi penyelenggaraan Pilkada ini secara maksimal dengan spirit Panwaslu  mengawal Pilkada hingga selesai," ujarnya.

Kapolres Psp Andy S Taufik mengimbau semua pasangan calon wali kota/wakil wali kota atau tim suskes dalam Pemilukada 2012 Kota Psp agar tidak melanggar hukum khususnya dalam berbagai aktivitas kampanye. “Kami mengimbau sebaiknya para pasangan calon atau tim suskes melaksanakan kampanye dengan baik. Artinya tidak melanggar aturan, sehingga pesta demokrasi rakyat kota ini berjalan dengan sukses. Polres Kota Psp tidak ingin ada persoalan dalam pilkada ini, cukuplah yang terjadi pada dua bulan yang lalu. Kedepannnya harus clean sehingga Gakumdu tidak menangani persoalan ” ucapnya.
 
Hal senada juga di sampaikan Kejari Kota Psp Fredy Ashari Siregar .Menurutnya, dengan dilibatkannya unsur polisi dan kejaksaan di Gakumdu, penanganan diharapkan bisa lebih cepat.. Selanjutnya, sesuai dengan atauran, nanti pihak Polres dan Kejaksaan Negeri Kota Psp berhak menindaklanjuti permasalahan yang ada ke ranah hukum.

Walikota Psp yang di wakili Asisten II Pemko P.Sidimpuan DR.H.Ali Pada Hrp berharap agar Panwaslu di tiap tingkatan jeli dan tanggap dalam melihat potensi yang dapat menimbulkan permasalahan. Kepada bakal calon dan tim pemenangannya supaya tidak melanggar koridor yang ada, sehingga hajatan ini berlangsung dengan tertib. ” Kami berharap bakal calon dan tim pemenangannya tetap berjalan pada aturan pilkada ini, jadilah barisan terdepan dalam  menciptakan keamanan dan ketertiban selama proses rangkaian pilkada digelar”

Hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua DPRD Kota P.Sidimpuan Hj, Nur Hamidah Batubara, Sekretais KPU, Asisten I, Ketua Pengadilan Agama, Wakil Ketua Panwas Sumut, Mayor Makmur S mewakili Dandim 0212/KS, Ketua KNPI dan timpemenangan beberapa bakal calon. Dari 7 bakal calon walikota, yang hadir adalah Andar Amin dan Dedi. Sementara calon wakil yang hadir adalah Affan Siregar, Riswan Daulay dan Samsul Bahri. Ketua panitia acara penandatanganan MoU Gakumdu ini Ali Amran Hasibuan S.Ag.Ms.I mengatakan bahwa secretariat Gakumdu di Polres Kota Psp dan epektif bekerja sejak 1 agustus 2012. (Anas)

 
Berita ini dapat juga di baca pada Harian ORBIT, SUARA SUMUT dan Mingguan SUARA MASA